Tinggal Nunggu JK Nongol, Anies Presiden 2024 Jadi itu Barang!

Tinggal Nunggu JK Nongol, Anies Presiden 2024 Jadi itu Barang!

Nasional | wartaekonomi | Kamis, 23 Juni 2022 - 00:00
share

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga mengatakan pertemuan petinggi PKS dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengindikasikan adanya upaya untuk berkoalisi kedua partai tersebut.

"Indikasi ke arah itu sangat besar mengingat akar rumput kedua tersebut mayoritas menginginkan Anies Baswedan menjadi capres. Faktor Anies akan menjadi pendorong kedua partai tersebut berkoalisi," kata Jamiluddin kepada Warta Ekonomi.

Jamil menambahkan faktor Anies juga membuat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambangi Surya Paloh beberapa waktu lalu. Partai Demokrat terkesan ingin bersama Partai Nasdem mengusung Anies pada pilpres 2024.

"Jadi, ada indikasi Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat akan berkoalisi untuk mengusung Anies. Tiga partai ini setidaknya sudah memiliki kesamaan tentang capres yang akan diusung," tambahnya.

"Kesamaan pandangan tiga partai itu tampaknya mendapat sokongan dari Jusuf Kalla (JK). Faktor JK tampaknya akan mempercepat koalisi tiga partai tersebut," jelasnya.

Topik Menarik