Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo pada Survei Tertutup

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo pada Survei Tertutup

Nasional | wartaekonomi | Rabu, 22 Juni 2022 - 13:49
share

Litbang Kompas menggelar jajak pendapat terkait dengan elektabilitas calon presiden pada pilpres 2024. Hasilnya, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungguli Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Litbang Kompas menyebut Ganjar unggul dala survei tertutup 25 nama, 10 nama, 5 nama dan 3 nama calon presiden (capres).

Peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan mengatakan elektabilitas Ganjar mencapai 25,2 persen dalam survei tertutup 25 nama. Sedangkan Prabowo sebesar 24,9 persen.

Pada 10 nama, Prabowo 25,2 persen dan Ganjar 26,6 persen. Pada lima nama, Prabowo 28,1 persen, dan Ganjar 30,2 persen, ujar Bambang

Hasil survei Litbang Kompas juga mengungkapkan hubungan pemilih dengan figur yang dipilih lebih dominan ketimbang hubungan dengan partai politik (parpol) pengusungnya.

Jika sosok yang disukai diusung oleh partai yang tidak disukai, 68 persen pemilih akan tetap memilih sosok yang disukai, imbuhnya.

Survei dilaksanakan pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022 melalui tatap muka dan melibatkan 1.200 responden. Para responden dipilih secara acak, menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Metode ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Topik Menarik