Di Tengah Konflik, Jokowi akan Temui Putin dan Zelensky

Di Tengah Konflik, Jokowi akan Temui Putin dan Zelensky

Nasional | law-justice.co | Rabu, 22 Juni 2022 - 13:26
share

Di tengah konflik yang sedang berkecamuk antara Rusia dengan Ukraina, Presiden Joko Widodo ata Jokowi berencana untuk menemui Presiden Ukraina Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Hal itu disampaikan olehMenteri Luar Negeri Repulik Indonesia Retno Marsudi. Pertemuan itu akan berlangsung di Moskow, Rusia.

Kunjungan ini bakal dilakukan Jokowi setelah ia mengikuti Konferensi Tingkat-Tinggi (KTT) G7 pada Minggu (26/6) hingga Senin (27/6).

"Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kyiv, Ukraina, dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal," ujar Retno Marsudi dalam press briefing pada Rabu (22/6).

"Di dalam kunjungan ke Kyiv dan Moskow, tentunya Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden [Ukraina Volodymyr] Zelensy dan Presiden [Rusia Vladimir] Putin," lanjutnya.

Retno menerangkan kunjungan ini dilakukan untuk menunjukkan kepedulian RI terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan imbas perang, dan mendorong perdamaian.

Tak hanya itu, Retno menyoroti bahwa Jokowi bakal menjadi presiden Asia pertama yang berkunjung ke dua negara itu di tengah perang.

"Presiden Jokowi akan merupakan pemimpin Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke dua negara tersebut," katanya.

Topik Menarik