Loading...
Loading…
Dikerjakan 3 Orang, Begini Proses Pembuatan Gelang Jemaah Haji di Embarkasi Makassar

Dikerjakan 3 Orang, Begini Proses Pembuatan Gelang Jemaah Haji di Embarkasi Makassar

Powered by rakyatku
Nasional | Rakyatku | Selasa, 21 Juni 2022 - 10:20

RAKYATKU.COM -- Sebanyak 3 pria nampak memenuhi sebuah kamar di Wisma 5 Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin (20/6/2022). Mereka kelihatan begitu sibuk dan ulet mengerjakan sebuah gelang.

Barang yang terbuat dari stainless monel ini ditujukan untuk semua jemaah haji Embarkasi Makassar tanpa terkecuali. Tujuannya, adalah sebagai salah satu identitas ketika menunaikan Rukun Islam yang kelima di tanah suci.

Pada gelang itu terdapat bendera Merah Putih, nomer kloter, makhtab, nomor passpor, nama jemaah haji , tahun, negara serta asal embarkasi. Khusus mencetak nama, dibutuhkan ketelitian yang tinggi dari petugas untuk mengejanya berdasarkan huruf alfabet

Proses pembuatannya dimulai dari mencetak nama-nama jemaah haji berdasarkan data dan Manifest dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) haji setiap Kloter yang akan diberangkatkan.

Nama dan data jemaah haji selanjutnya dicetak di atas kertas stensil. Kemudian, diproses pencetakannya menggunakan mesin adaptor dan cairan kimia berupa air raksa.

Usai dicetak di atas lempengan monel yang sudah dibentuk, selanjutnya dibersihkan menggunakan air. Setelah itu baru dilengkungkan agar menjadi gelang, lalu diurutkan sesuai nama dan rombongan masing-masing jemaah haji, Kemudian akan dibungkus dengan tulisan nama yang sesuai dengan nama yang tertera di gelang berdasarkan regu dan rombongan.

Menurut Ahmad Sidik (49 Tahun) sang Koordinator sekaligus mentor pembuat gelang jemaah haji di Embarkasi Makassar, untuk pembuatan satu gelang membutuhkan waktu sekitar 5 jam.

Dalam sehari, Ahmad Sidik beserta anak buahnya mampu mengerjakan gelang jemaah haji sebanyak 2 kloter atau kurang lebih 800 buah gelang.

"Total gelang yang kami kerjakan berjumlah lebih 7000-an buah, sebagaimana jumlah jemaah haji yang diberangkatkan melalui embarkasi haji Makassar yakni 7247 Jemaah Tahun ini. Kami berharap, dari hasil karya ini bisa membawa manfaat bagi para tamu-tamu Allah," ucap Mas Sidik, panggilan pria asal Jepar,a Jawa Tengah yang bernaung dibawah bendera CV. Andalan Cipta Karya yang menjadi Pelaksana Tekhnis Pembuatan Gelang Jemaah haji di Embarkasi Makassar Tahun ini.

Bagi dia, gelang ini dibuat minimal bisa memudahkan petugas haji Indonesia di Tanah Suci untuk membantu bilamana jemaah haji tersesat atau terlepas dari rombongan.

"Proses yang paling sulit adalah membuat nama lengkap jemaah haji. Kalau terjadi kesalahan, tentunya dilakukan cetak ulang," ungkapnya.

"Sebab nama jemaah haji biasanya memiliki perbedaan huruf. Walau secara nada bunyinya sama. tapi secara huruf berbeda-beda," sambung Sidik.

Ahmad Sidik juga berpesan bagi para jemaah haji agar tetap selalu mengenakan gelang identitas ini. Selain memudahkan jemaah satu dengan jemaah lainnya, juga meringankan tugas Petugas Haji di Kloter dalam menghafal rombongannya.

"Sejauh ini tidak ada kendala dalam proses pembuatan gelang. Karena kami sudah melakoni pekerjaan ini selama 18 Tahun sejak Musim haji tahun 2004, meskipun 2 tahun kemarin sempat istirahat karena pelaksanaannya tertunda akibat pandemi COVID-19," pungkasnya.

Original Source

Topik Menarik