Kewell-Postecoglou dan Magnet Australia

Kewell-Postecoglou dan Magnet Australia

Nasional | jawapos | Minggu, 19 Juni 2022 - 12:01
share

JawaPos.com Musim ini Ange Postecoglou menjadi satu-satunya pelatih berkebangsaan Australia di klub papan atas Eropa.

Postecoglou membesut Celtic sejak musim 20212022. Dia membawa Celtic ke Liga Champions musim 20222023.

Bukan hanya itu. Merapatnya mantan penyerang Socceroos julukan timnas Australia Harry Kewell makin mengentalkan aroma Aussie di Celtic.

Tidak ada klub yang punya lebih dari satu pelatih berkebangsaan Australia dalam jajaran staf pelatihnya.

Bergabungnya Kewell dalam staf pelatih Postecoglou di Celtic itu, menurut kapten Australia Mat Ryan, merupakan momentum bagus untuk kebangkitan sepak bola Australia.

Dia (Kewell) jadi nama lain yang sangat dihormati dan sepatutnya begitu. Dalam sepak bola, apa pun yang berkaitan dengan Ange, dari apa yang saya ketahui, akan memberikan dampak positif, ucap Ryan dalam wawancara kepada AAP .

Apalagi, dua sosok itu akan merasakan main di Liga Champions.

Mantan kiper Brighton & Hove Albion tersebut berharap Postecoglou dan Kewell bisa meraih sukses musim 20222023.

Baik di liga domestik Skotlandia maupun di ajang Eropa. Ryan menganggap prestasi Celtic bisa jadi ukuran sejauh mana perkembangan sepak bola Australia saat ini.

Semakin banyak sukses yang mampu mereka dapatkan, semoga itu bisa membuka jalan bintang-bintang sepak bola Australia agar semakin banyak peluangnya bermain di Eropa dalam liga domestik yang lebih besar dan lebih banyak mendapatkan hal-hal seperti itu (bermain dalam Liga Champions), tutur Ryan.

Musim lalu, masih ada Tom Rogic. Gelandang timnas Australia itu sempat membela Celtic. Rogic sudah angkat kaki dari Celtic akhir musim ini.

Dalam skuad timnas Australia asuhan Graham Arnold saat ini, gelandang Ajdin Hrustic jadi yang paling menonjol setelah mampu mengantarkan klubnya Eintracht Frankfurt menjadi juara di Liga Europa 20212022.

Nah, bersama Ryan dan Danny Vukovic, ketiganya menjadi representasi Aussie di liga utama Eropa. Ryan bersama Real Sociedad di La Liga dan Vukovic yang membela NEC di Eredivisie.

Kemudian, ada Denis Genreau yang sudah mengantarkan Toulouse FC promosi ke Ligue 1 seusai jadi juara Ligue 2 musim 20212022.

Sebagai sesama orang Australia, Kewell sudah memahami karakter permainan tim yang diasuh Postecoglou.

Dia (Postecoglou) pelatih yang menyukai sepak bola menyerang, sepak bola menyenangkan, dan aku tahu fans Celtic akan menyukainya. Aku berharap kami musim ini bisa merangkai banyak kesuksesan bersama, harap Kewell dikutip laman FTBL .

Topik Menarik