PKS akan Gelar Rapimnas, Bahas Peluang Koalisi dan Capres

PKS akan Gelar Rapimnas, Bahas Peluang Koalisi dan Capres

Nasional | jawapos | Sabtu, 18 Juni 2022 - 16:11
share

JawaPos.com Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada 20 dan 21 Juni 2022 di Jakarta. Agenda tersebut akan diikuti jajaran DPP PKS dan Ketua DPW PKS dari seluruh provinsi.

Ketua DPP PKS Bidang Humas Ahmad Mabruri mengatakan, Rapimnas tahun ini akan membicarakan agenda pemilihan presiden (Pilpres) 2024. PKS mulai menjajaki dengan serius beberapa mitra partai untuk membentuk koalisi guna mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Posisi PKS harus koalisi sehingga setelah Milad 20 PKS yang lalu kita cukup intens menjalin komunikasi dengan beberapa partai. Rapimnas PKS juga akan membahas persiapan menuju ke sana, kata Mabruri kepada wartawan, Sabtu (18/6).

Mabruri menyebut, PKS akan menentukan kriteria calon presiden dan kriteria calon mitra koalisi. Bagi PKS, koalisi akan dibuat dengan kesamaan pandangan. Bisa saja capres-cawapres yang diusung koalisi yang nanti diikuti PKS kriterianya menyesuaikan dengan visi koalisi yang terbangun. PKS masih terbuka dengan semua kemungkinan, termasuk dengan semua partai politik dalam menentukan mitra koalisi, jelasnya.

Ia mengatakan, Rapimnas PKS akan lebih mengerucutkan persiapan PKS dalam menjajaki koalisi Pilpres termasuk persiapan Pemilihan Anggota Legislatif 2024. Di PKS penentuan capres ada di Majelis Syuro sehingga untuk Rapimnas kita siapkan langkah-langkah teknis menuju ke sana termasuk persiapan koalisi. Dalam sistem demokrasi kita, capres yang akan maju tetap harus melalui partai politik sehingga PKS bersiap berkomunikasi lebih serius untuk penjajakan koalisi, urai Mabruri. (*)

Topik Menarik