Loading...
Loading…
SD Marsudi Utami Jalankan Program Sekolah Gratis Bantu Warga Kurang Mampu

SD Marsudi Utami Jalankan Program Sekolah Gratis Bantu Warga Kurang Mampu

Nasional | ayosemarang | Senin, 06 Juli 2020 - 17:42

NGALIYAN, AYOSEMARANG.COM -- Pemerintah Kota Semarang mulai melaksanakan Program Sekolah Swasta gratis di tahun 2020. Saat ini, program tersebut ada di 40 sekolah swasta di Semarang.

Salah satu sekolah yang ditunjuk Pemkot Semarang dalam menjalankan program tersebut adalah SD Marsudi Utami yang terletak di Jalan Mayang Sari Selatan 1/5 Kalipancur, Ngaliyan, Semarang.

Kepala SD Marsudi Utami, Maria Hiacinta Mulyani mengatakan, dengan adanya program sekolah gratis tersebut, sangat membantu masyarakat yang kurang mampu mensekolahkan anaknya di sekitar wilayah.

"Selain itu, program tersebut juga membantu operasional sekolah. Di mana sebelumnya kita selalu kesulitan dalam menutup biaya operasional tiap bulannya. Bahkan sekolah harus mendapat subsidi ailang dari yayasan," ujarnya saat ditemui di sekolah, Senin (6/7/2020).

Maria menambahkan, jika dengan program sekolah gratis tersebut, siswa yang nantinya bisa bersekolah tidak akan dikenai biaya sekolah. setiap siswa mendapatkan subsidi dari pemerintah kurang lebih Rp 1,5 juta.

"Total murid di sini ada 117 siswa, semua siswa dapat subsidi jadi total Rp 175 juta lebih untuk satu tahun," imbuhnya.

Maria menerangkan jika instruksi Pemerintah dalam program tersebut ialah untuk alokasi untuk belanja pegawai dan pemeliharaan sekolah. "Alokasinya 60 persen untuk belanja pegawai dan 40 persen untuk perawatan sekolah," ucapnya.

Sementara itu, Kepalda Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, dalam program sekolah swasta gratis kali ini, ada di 7 Taman Kanak-kanak (TK, 14 Sekolah Dasar (SD), dan 19 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Gunawan menjelaskan, jika program memang untuk memfasilitasi siswa yang tidak diterima di SD atau SMP negeri di PPDB kali ini. Dia menambahkan, tidak ada persyaratan khusus bagi calon siswa yang mau masuk ke sekolah swasta gratis.

"Asal mereka warga Semarang bisa masuk ke sekolah yang sudah kami tunjuk dalam program sekolah swasta gratis tersebut,"katanya.

Original Source

Topik Menarik