Ze Valente, Rekrutan Anyar PSS

Ze Valente, Rekrutan Anyar PSS

Nasional | radarjogja | Rabu, 15 Juni 2022 - 14:55
share

RADAR JOGJA PSS Sleman akhirnya resmi mengumumkan rekrutan pemain asing pertamanya musim 2022/2023. Dia adalah Jose Pedro Magalhaes Valente asal Portugal. Ze, sapaan akrabnya berposisi gelandang serang.

Ini merupakan kali pertama pemain 28 tahun itu merumput di Liga Indonesia.

Ze pun mengungkap alasan mengapa menerima tawaran bermain di PSS. Salah satunya karena fanatisme suporter PSS dalam memberi mendukung tim. Hal yang paling banyak diberitahukan kepada saya yakni tentang suporter PSS. Beberapa kali saya melihat dari video mereka dan saya terpesona dengan kreatifitas mereka mendukung PSS, ujar Ze.

Mantan pemain FC Penafiel itu mengaku, informasi tentang klub kebanggaan warga Sleman itu banyak ia dapat dari striker PSIS Semarang Carlos Fortes. Kebetulan, Ze dan Fortes memang bersahabat baik. Dia berbicara banyak kepada saya mengenai Indonesia dan suporter PSS. Harapannya saya bisa merasakan suasana dan atmosfer dukungan di setiap pertandingan, ungkap Ze.

Lebih jauh, Ze bercerita pengalaman berlibur di Bali menjadi momen awal mengenal sepak bola Indonesia. Dia mengaku terkesan dengan keramahan masyarakat Bali, yang menurutnya ramah dan terbuka terhadap orang asing. Hal yang mengejutkan ketika mengetahui betapa bersemangatnya mereka mendukung klub kesayangannya. Karena itu saya pun berjanji pada diri sendiri untuk suatu hari saya akan bermain di sini, terangnya.

Ze berharap dapat berkontribusi untuk PSS di musim depan. Saat ini, pemain kelahiran 14 Mei 1994 itu mungkin akan lebih fokus untuk meningkatkan kebugarannya terlebih dahulu. Sehingga dia bisa segera tampil bersama skuad Laskar Sembada -julukan lain PSS. Secara personal, saya ingin mendapatkan kebugaran fisik secara prima untuk membantu tim, paparnya. Saya ingin memberikan perubahan di tim ini dan mencetak gol serta assist untuk membantu tim, tekad Ze.

Yang pasti, Ze mengaku sudah tidak sabar untuk segera bergabung dengan rekan timnya di Solo. Menurutnya, turnamen Piala Presiden 2022 dapat membantunya lebih cepat beradaptasi sekaligus mengembalikan kebugaran fisiknya.

Hadirnya Ze, maka PSS total memiliki dua pemain asing. Satu nama lainnya yaitu bek tengah asal Serbia Mario Maslac. Sedangkan dua pemain yang santer diisukan menyusul yakni Jihad Ayoub berposisi gelandang dari Lebanon dan striker asal Brasil Mychell Chagas. Mengenai pemain asing akan menyusul bergabung sambil pramusim berjalan, ungkap Manajer PSS Dewanto Rahadmoyo kepada Jawa Pos Radar Jogja belum lama ini.

Kini, Super Elja sudah memiliki 33 pemain sementara. Beberapa nama yang baru-baru ini diumumkan antara lain Komarudin, Manda Cingi, Rifky Suryawan, Sansan Fauzi, Muhammad Fariz, dan Arlan Agma Dinata.
Tiga nama terakhir berstatus pemain trial. Sansan yang berposisi striker itu musim lalu membela Madura United. Sedangkan Faiz serta Arlan merupakan pemain binaan akademi. (ard/din)

Topik Menarik