Sepele sih Tapi Bisa Bikin Kamu Gampang Gemuk?!

Sepele sih Tapi Bisa Bikin Kamu Gampang Gemuk?!

Nasional | riau24.com | Selasa, 14 Juni 2022 - 11:33
share

RIAU24.COM-Ada beberapa kesalahan yang sering kita lakukan, keliatan sepele tapi ternyata itulah yang menyebabkan program diet mu gagal total.

Diet adalah salah satu hal yang sangat erat kaitannya dengan perempuan. Riau24 mau bagi kilas informasi bagi kamu yang kepengen berat badan ideal, wajib tau dan hindari hal-hal berikut ini.

zxc1

Makan Terlalu cepat

Makan terlalu cepat justru meningkatkakn berat badan. Sejumlah hasil penelitian menyebutkan kebiasaan makan terburu-buru membuat seseorang mengalami obesitas.

Saat menguyah makanan dengan cepat, tubuh tidak diberikan kesempatan untuk memberi sinyal ke otak jika perut telah kenyang. Jadi, orang itu justru akan melahap makanan lebih banyak lagi.

Tak Punya Jadwal Makan yang Baik

Melewatkan jam makan normal, misalnya srapan di rapel dengan makan siang sehingga jadwal makanmenjadi kacau.

Banyak orang yang mengangap bahwa melewatkan sarapan bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa seorang yang rutin sarapan akan beresiko kecil mengalami kegemukan.

Snacking Tidak Sehat

Mengkonsumsi cemilan memang salah satu cara untuk memerangi rasa lapar yang berlebihan.

Namun, ada baiknya jika tidak asal memilih cemilan. Alih-alih menghilangkan lapar yang ada kamu bisa naik berat badan over calorie.

Pilihlah snack sehat seperti salad, yogurt, buah, atau protein bar yang bisa mengatasi rasa lapar sekaligus mendapatkan gizi yang berguna bagi tubuh anda.

Dehidrasi

Hasil penelitian membuktikan rasa haus sering disalah artikan oleh tubuh sebagai sinyal lapar. Biasanya, perut keroncongan diartikan sebagai pertanda lapar.

Padahal, tidak selamanya perut keroncongan sebagai tanda tubuh sedang kelaparan. Bisa saja itu merupakan sinyal tubuh kekurangan cairan.

zxc2

Jadi, biasakanlah minum segelas air sebelum makan untuk mengurangi porsi makan yang akan anda konsumsi. Ada baiknya dilakukan setiap hendak makan siang, atau sore hari.

Kurang Tidur

Kurang tidur ternyata juga menjadi salah satu penyebab berat badan menjadi lebih bertambah. Kurang tidur menurunkan metabolisme hormon kortisol.

Meningkatnya hormon kortisol itulah yang membuat nafsu makan menggila-gila. Jadi, biasakan untuk tidur yang cukup selama delapan jam per hari untuk menjaga keseimbangan hormon tubuh.

Topik Menarik