Inflasi AS Mengkhawatirkan, Investor Mulai Tinggalkan Wall Street

Inflasi AS Mengkhawatirkan, Investor Mulai Tinggalkan Wall Street

Nasional | law-justice.co | Senin, 13 Juni 2022 - 20:24
share

Baru-baru ini, data inflasi Amerika Serikat (AS) yang mengkhawatirkan telah membuat investor mulai meninggalkan Bursa Wall Street.

Kondisi ini telah memicu penurunan ganda pada pasar saham dan obligasi, karena investor memperkirakan Bank Sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) akan membuat kebijakan pengetatan paling agresif dalam beberapa dekade terakhir.

Seperti melansir inews.id, Bursa Wall Street sepekan menunjukkan penurunan signifikan pada pasar saham dan obligasi. Indeks acuan S&P 500 (SPX) turun hampir 3 persen, atau mencapai 18,2 persen sepanjang tahun ini.

Imbal hasil pada benchmark Treasury 10 tahun mencapai level tertinggi sejak awal Mei. Patokan untuk suku bunga hipotek dan instrumen keuangan lainnya, meningkat lebih dari dua kali lipat.

Kepala Strategi Pasar di LPL Financial, Ryan Detrick, mengatakan hasil data inflasi yang diumumkan pemerintah pada Jumat (10/6/2022), mengecewakan dan membuat khawatir investor.

"Ketakutan atas inflasi dan potensi dampak keuntungan di Perusahaan Amerika menambah kekhawatiran bagi investor di sini," kata Ryan Detrick.

Saham dan obligasi kini jatuh hampir sepanjang tahun karena kebijakan The Fed yang lebih ketat mengangkat imbal hasil dan mengurangi selera risiko, memukul investor yang mengandalkan gabungan dari dua aset untuk menahan penurunan dalam portofolio mereka.

Pergerakan itu, sebagian terbalik selama beberapa minggu terakhir di tengah harapan bahwa potensi puncak inflasi akan memungkinkan The Fed menjadi kurang agresif akhir tahun ini.

Pelaku pasar sekarang bertaruh The Fed akan menaikkan suku bunga setidaknya 50 basis poin dalam tiga pertemuan berikutnya. Ekspektasi The Fed yang kurang hawkish memudar, dan investor percaya lebih banyak penurunan di Bursa Wall Street akan terjadi.

Menurut Phil Orlando, kepala strategi pasar ekuitas di Federated Hermes, hal itu telah meningkatkan posisi kas dalam portofolio yang ia kelola hingga 6 persen, alokasi terbesar yang pernah dipegangnya, sambil memangkas kepemilikan obligasi. Di pasar ekuitas, dia kelebihan sektor yang diharapkan mendapat manfaat dari kenaikan harga, seperti energi.

"Anda memiliki gambaran yang sangat sulit untuk pasar keuangan untuk beberapa bulan ke depan. Investor (harus) menerima bahwa pandangan konsensus itu salah dan inflasi masih menjadi masalah," ujar Phil Orlando.

Dia melihat kekhawatiran stagflasi, di mana periode pertumbuhan yang melambat dan inflasi tinggi sebagai pendorong tekanan pada pasar keuangan.

Secara keseluruhan, 77 persen manajer dana memperkirakan stagflasi dalam ekonomi global selama 12 bulan ke depan, level tertinggi sejak Agustus 2008, menurut survei oleh BoFA Global Research yang diambil sebelum data inflasi hari Jumat.

Laporan panas di hari Jumat (10/6/2022), yang menunjukkan harga konsumen naik 8,6 persen pada Mei 2022, mendorong beberapa bank menaikkan perkiraan tentang berapa banyak The Fed akan menaikkan suku bunga untuk menahan inflasi dalam beberapa bulan mendatang.

Barclays memperkirakan The Fed akan memberikan kenaikan suku bunga sebesar 75 basis poin pertama mereka dalam 28 tahun terakhir, ketika mereka bertemu minggu depan. Sementara ahli strategi Goldman Sachs memperkirakan kenaikan 50 basis poin pada masing-masing dari tiga pertemuan berikutnya.

Harga kontrak berjangka dana Fed pada hari Jumat (10/6/2022), mencerminkan peluang kenaikan suku bunga The Fed sebesar 75 basis poin akan diberlakukan The Fed pada Juli mendatang. The Fed telah menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin tahun ini.

Sementara itu, beberapa investor memperkirakan pasar ekuitas yang jatuh menunjukkan The Fed mengabaikan pelemahan pasar keuangan dari jalur memerangi inflasi.

Sebuah jajak pendapat BoFA Global Research yang diambil sebelum angka CPI Jumat menunjukkan bahwa 34 persen investor obligasi global percaya bank sentral akan mengabaikan pelemahan ekuitas sepenuhnya, hanya berhenti jika pasar menjadi tidak berfungsi.

Sedangkan Pramod Atluri, manajer portofolio pendapatan tetap di Capital Group dan pejabat investasi utama di Bond Fund of America (BFA), adalah salah satu investor obligasi yang telah memutar kembali durasi, yang merupakan sensitivitas portofolio terhadap perubahan suku bunga, selama beberapa minggu terakhir.

"Saya pikir ada peluang yang masuk akal bahwa inflasi telah mencapai puncaknya pada 8,5%, dan kami akan berada pada tren penurunan yang stabil sepanjang sisa tahun ini. Dan itu belum terjadi," kata Pramod Atluri.

Topik Menarik