Fitri Carlina Menggoyang New York Dengan Cafe Dangdut

Fitri Carlina Menggoyang New York Dengan Cafe Dangdut

Nasional | republika | Senin, 13 Juni 2022 - 20:07
share

DEPOK -- Dangdut merupakan salah satu genre musik populer tradisional dari Indonesia. Identik dengan goyangan, dan alunan merdu dari sang biduan.

Hal tersebutlah yang melandasi penyanyi dangdut Fitri Carlina untuk membuat Cafe Dangdut. Tidak tanggung-tanggung, adik dari penyanyi dangdut senior Nini Carlina ini membuat Cafe Dangdut di Long Island City, New York, Amerika Serikat.

Fitri, bersama Dini, atau yang dikenal dengan panggilan Eski, Fitri melihat bahwa budaya Indonesia sangat layak dan potensial untuk diperkenalkan di Amerika.

Ide mendirikan Cafe Dangdut muncul setahun yang lalu, tepatnya awal Maret. Saat itu, kebetulan saya juga tampil di acara Super Bowl Week. Dari situ, nama dangdut sedikit demi sedikit mulai dikenal," kata Fitri seperti dilansir website kemenparekraf.go.id.

Dirinya kemudian terpikir untuk membuat coffee shop bernuansa dangdut di New York bersama Eski yang juga terlibat dalam acara Super Bowl Week.

"Dalam waktu sebulan, kami memikirkan ide, logo, dan menyiapkan coffee truck. Akhirnya pada September, Caf Dangdut soft launching. Saat itu kami masih menggunakan coffee truck dan booth, jelasnya.

Kebetulan, imbuh Eski, setelahnya ada acara Indopop Movement, sebuah organisasi atau yayasan yang bertujuan untuk membantu dan mendukung potensi Indonesia, baik kuliner, fesyen, budaya, di Amerika, khususnya New York. Momentum ini dimanfaatkan oleh Fitri dan Eski untuk mempromosikan Caf Dangdut di depan Time Square.

Akhirnya, setelah berjalan beberapa bulan dengan mengikuti bazar dan festival di sana-sini, kami memutuskan untuk membuka Caf Dangdut secara permanen di Long Island City.

Tak disangka, sambutan dari pengunjung cukuo baik. Bahkan menimbulkan antrian yang lanjang di Cafe Dangdut.

"Mas Menteri (Sandiaga Uno) juga sudah datang ke Caf Dangdut. Rasanya tidak menyangka bisa seperti ini, tambah Eski.

Fitri dan Eski terus melakukan promosi melalui coffee truck selama setahun, meski sudah memiliki toko permanen.

Hal itu, untuk menarik lebih banyak orang dan membuat penasaran warga sekitar. Sampai saat ini, Caf Dangdut masih menggunakan coffee truck dalam rangka promosi kopi.

"Kami membagikan kopi secara gratis kepada customer yang datang, lanjut Eski.

Sambil promosi, proses pengurusan izin dan inovasi menu terus dilakukan. Pelan-pelan, Fitri dan Eski mencari barista dari Diaspora karena ingin memperlihatkan kepada warga sekitar tentang hospitality yang ramah khas Indonesia. Sempat menemukan beberapa kendala, tapi Fitri dan Eski bisa menyelesaikannya dengan baik.

Beruntung Diaspora di sini sangat suportif. Banyak pengusaha swasta dan owner kafe Indonesia lainnya juga yang mendukung kehadiran Caf Dangdut. Kami mendirikan Caf Dangdut di New York bukan untuk menjadi saingan, tapi justru untuk menambah khasanah kuliner Indonesia di Amerika, ujar Fitri.

Diakui juga oleh Fitri dan Eski, mendirikan tempat makan di New York harus siap menerima syarat dan izin yang cukup ketat dari pemerintah setempat.

Caf Dangdut berkomitmen untuk menjaga kualitas bahan baku. Namun, masalah distribusi dan logistik harus dihadapi oleh Fitri dan Eski dan cukup berpengaruh pada harga makanan dan minuman serta ketersediaan supply di Caf Dangdut.

Sebenarnya kami sudah banyak melakukan audiensi ke berbagai pihak, mulai dari pemerintah setempat di Chicago dan lembaga Indonesia terkait mengenai kendala logistik. Karena masalahnya bahan baku dan sangat penting. Jika biasanya bahan baku bisa tiba 2 bulan, kini harus menunggu bahkan sampai 4 bulan. Akhirnya ada beberapa bahan baku yang kami hand carry agar bisa stabil antara supply dan demand-nya, ucap Eski.

Meskipun banyak kendala yang menghampiri, Fitri dan Eski mengaku puas dengan apa yang sudah mereka capai bersama Caf Dangdut. Hampir 70% pembeli di Caf Dangdut adalah warga lokal, sesuai dengan target mereka. Lokasi Caf Dangdut yang cukup strategis dan mudah ditemukan membuat Caf Dangdut mudah ditemukan.

Cafe Dangdut berada di lingkungan anak-anak muda dan hipster elit, dekat dengan stasiun, kampus, serta tempat nongkrong anak-anak muda dan komunitas warga Indonesia.

Rata-rata suka dengan cita rasa kopi Indonesia yang manis, khususnya kopi Gayo. Kami juga menjual kopi lainnya, seperti kopi luwak, kopi dari Papua dan daerah lainya. Warga lokal sini penasaran dengan jenis-jenis kopi dari Indonesia, imbuh Fitri.

Dengan adanya Caf Dangdut di New York, Fitri dan Eski berharap bisa memperkenalkan Indonesia. Tidak hanya dengan kopi dan hidangan saja, tetapi juga dengan budaya dan lifestyle Indonesia. Selain kopi dan beberapa kudapan khas Indonesia, Caf Dangdut memperkenalkan musik dangdut dan fesyen Indonesia melalui brand Plus 62. Fitri dan Eski ingin hal-hal yang berkaitan dengan Indonesia menjadi mainstream dengan langkah awal memperkenalkannya melalui Caf Dangdut.

Meskipun namanya dangdut, Caf Dangdut kami tampilkan dengan konsep kontemporer. Bisa membawa nama dangdut hingga ke New York, seperti hal yang mustahil, tapi ternyata bisa kami lakukan, ujar Fitri.

Melalui serangkaian pencapaian ini, Fitri dan Eski berharap Caf Dangdut bisa bertahan di New York. Saat ini, Fitri dan Eski tengah berkomunikasi dengan beberapa investor. Jika tidak ada kendala, Caf Dangdut juga akan hadir di New Jersey dan negara lain seperti Singapura serta Filipina.

"Kami berharap pemerintah Indonesia bisa terus mendukung pelaku bisnis di luar negeri yang membawa misi memperkenalkan budaya, kuliner, dan apapun jenisnya," tutup Fitri.(Mia Nala)

Topik Menarik