Banjir Menggenangi Beberapa Bagian Wilayah Kota Surabaya

Banjir Menggenangi Beberapa Bagian Wilayah Kota Surabaya

Nasional | jawapos | Senin, 13 Juni 2022 - 16:18
share

JawaPos.com Hujan deras telah menyebabkan banjir dan mengakibatkan beberapa bagian wilayah Kota Surabaya tergenang pada Senin (13/6) pagi. Banjir antara lain menggenangi pemukiman warga di bagian wilayah Kecamatan Rungkutdan Gunung Anyar di Kota Surabaya.

Pagi (13/6), saya bangun ternyata air sudah masuk rumah, kata Andik, warga daerah Medayu Utara diRungkut, seperti dilansir dari Antara , Senin (13/6).

Air hujan masih bisa masuk ke rumahAndikmeskipun dia sudah meninggikan dasar bangunan rumahnya tiga tahun lalu. Pada akhir tahun lalu, gorong-gorong juga dipasang di depan rumahnya.

Air tetap masuk rumah. Saya harus meninggikan rumah lagi, kataAndik sambil memegang kepala.

Selain menggenangi pemukiman warga, banjir menyebabkan kawasan Jalan Pandugodan Jalan Panjaringandi wilayah Kecamatan Rungkuttergenang sampai setinggi sekitar setengah meter. Kondisi itu membuat kendaraan susah lewat dan menyebabkan beberapa kendaraan mogok.

Di bagian wilayah KecamatanGunung Anyar, banjir menyebabkan permukiman tempat Rokimtinggal tergenang. Hujan tidak berhenti-berhenti, akibatnya air masuk rumah, kata Rokim.

Kalau seperti ini warga tidak bisa aktivitas. Padahal saya harus kerja pagi ini, tambah dia.

Dia berharap Pemerintah Kota Surabaya bergerak cepat memfungsikan rumah pompa untuk menyedot air yang menggenangi jalan dan pemukiman warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya Ridwan Mubarun mengatakan, personel BPBD telah dikerahkan untuk menangani dampak banjir di bagian wilayah Surabaya. Ini sedang penanganan, ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, pompa air milik Pemerintah Kota Surabaya telah dihidupkan semua untuk menangani genangan air akibat banjir. Namun, air yang disedot dari daerah yang kebanjiran tidak bisa langsung dibuang ke laut karena air laut sedang pasang.

Topik Menarik