Review Samsung Galaxy M53 5G, Dibekali Kamera Resolusi Tinggi 108 MP

Review Samsung Galaxy M53 5G, Dibekali Kamera Resolusi Tinggi 108 MP

Nasional | jawapos | Minggu, 12 Juni 2022 - 04:50
share

JawaPos.com- Samsung terus berinovasi terkait handset 5G di pasar ponsel Indonesia. Vendor ponsel berlomba-lomba merilis handset yang mendukung teknologi jaringan seluler generasi kelima. Untuk peneterasi dan perkembangan 5G, massifnya perangkat 5G yang hadir memang bisa mempercepat adopsi secara luas. Bagi konsumen, hal ini juga menguntungkan.

Banyaknya perangkat 5G yang hadir di pasaran membuat pilihan makin banyak. Peta persaingan yang ketat juga secara tidak langsung mampu membuat harga perangkat 5G jadi lebih terjangkau. Belum lama ini, di kelas terjangkau Seri M, Samsung juga merilis handset yang mendukung 5G yakni Galaxy M53 5G.

Desain

Secara desain, Samsung Galaxy M53 5G memang beda dari model murah dari M Series lainnya, misalnya Galaxy M23 5G yang juga sudah kami ulas. Kalau Galaxy M23 5G membawa desain adopsi flagship dari housing kamera yang mirip S Series dan seri teratas lainnya, Galaxy M53 5G lain lagi. Desain bagian belakang smartphone ini tidak ikut tren mirip flagship Samsung lainnya.

Housing kamera lebih mirip milik iPhone tepatnya iPhone 11 Pro Max. Kalau di iPhone model tersebut punya tiga kamera, di Galaxy M53 5G punya empat kamera. Bodi Galaxy M53 5G memiliki dimensi 164,7 x 77,0 x 7,4 mm dan bobot 176 gram. Di Indonesia, Galaxy M53 5G tersedia dalam tiga varian warna yaitu Blue, Green, dan Brown.

Kendati secara dimensi terbilang besar, menggenggam Galaxy M53 5G masih nyaman. Handset ini besar, namun masih bisa dikatakan tipis sehingga membuatnya masih dipegang dan dioperasikan dalam waktu lama. Nggak berat, juga nggak tajam tepiannya. Di sisi kanan ada tombol volume Up-Down dan tombol power yang juga merupakan area kapasitif sensor fingerprint untuk fitur keamanan kunci perangkat. Di sisi kiri polos, hanya ada tray SIM Card dan MicroSD saja.

Perangkat smartphone Samsung Galaxy M53 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Di bagian atas juga polos. Sementara di bagian bawah, karena ponsel ini tidak memiliki earphone jack, di area ini hanya ada port USB Type-C dan lubang speaker saja. Dalam paket penjualan, selain tidak adanya aksesori audio tambahan, di dalam kemasan juga makin langsing. Seperti halnya seri flagship, boks penjualan Galaxy M53 5G tidak ada lagi kepala charger untuk pengisian baterai.

Overall, meski dari segi desain terbilang kaku, kami suka faktor genggam Galaxy M53 5G. Besar, tapi nggak berat, nggak tebal dan nggak tajam area tepi-tepinya. Namun, agar handset ini aman saat digunakan, saran kami saat membeli smartphone ini, sekalian pasangkan antigores layar dan pelindung casing bagian belakang. Hal ini karena Samsung tidak menyertakan kedua aksesori tersebut dalam paket penjualan.

Layar

Dengan harga mulai Rp 6 jutaan, dari segi visual, bagaimana pengalaman menggunakan Galaxy M53 5G? Tenang, di rate segitu, untungnya Samsung telah membenamkan panel layar Super AMOLED di Galaxy M53 5G. Layar Galaxy M53 5G menjadi salah satu model di Seri M yang sudah unggul berkat panel Super AMOLED Plus yang biasanya akan menawarkan gambar dengan kontras dan kecerahan lebih baik ketimbang panel TFT seperti milik Galaxy M33 5G atau M23 5G yang pernah kami ulas sebelumnya.

Kalau di bagian desain belakang nggak mirip seri flagship, di bagian depan alhamdulilah, masih ada mirip-miripnya. Galaxy M53 5G memilih tampilan layar dengan punch-hole atau berlubang untuk penempatan kamera selfie.

Ukuran panel Galaxy M53 5G juga besar dan sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz. Handphone tersebut tercatat mempunyai layar seluas 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel). Untuk pengalaman visual, puas. Layar dengan panel Super AMOLED nggak banyak catatan. Keunggulannya tidak hanya di perangkat Samsung masih tidak tergantikan sampai saat ini. Layarnya cerah, tajam, akurasi warnanya jitu.

Performa dan Baterai Tahan Lama

Di sektor performa, Samsung Galaxy M53 5G dibekali dapur pacu yang ditopang chip MediaTek Dimensity 900 (6 nm) hingga 2,4 Ghz. Galaxy M53 5G menggunakan chip Octa-Core untuk peningkatan kinerja dan juga ditopang penyimpanan RAM sebesar 8 GB dan memori internal 256 GB.

Kombinasi RAM/ROM-nya sudah besar, apakah performanya sepadan? Berdasarkan pengujian benchmark menggunakan aplikasi benchmark sintetis AnTuTu Benchmark v9.3.9, smartphone yang masih masuk ke segmen menengah ini membukukan skor sebesar 465701.

Untuk segmen yang dibawanya, skor benchmark tersebut lumayan besar. Namun dari segi harga memang sedikit over price mengingat di segmen yang sama ada yang ditawarkan dengan harga lebih murah, sedikit. Sementara pada pengujian benchmark menggunakan PC Mark Work 3.0 Performance, Galaxy M53 5G bisa memperoleh skor sebesar 10274. Lagi-lagi terbilang besar untuk segmennya.

Uji benchmark smartphone Samsung Galaxy M53 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dengan pengujian benchmark tersebut, beberapa kebutuhan konsumen terkait performa tampaknya sudah lumayan terwakili. Buat penggunaan harian, nggak ada kendala.

Smartphone ini enak buat multitasking. Layarnya besar, hal ini membuat pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya bisa lebih cepat dan mudah. Buat main game? Bisa juga. Game berat seperti Call of Duty: Mobile, PUBG Mobile, Genshin Impact dan Mobile Legends, smartphone ini masih bisa diajak enjoy.

Kapasitas baterai ponsel sebesar 5.000 mAh dan dukungan pengisian daya cepat 25 Watt. Saat dipakai, baterainya juga kuat dan tahan lama. Diuji menggunakan benchmark baterai Work 3.0 Battery Life, smartphone Samsung Galaxy M53 5G bisa membukukan skor lama waktu penggunaan nonstop selama 15 jam tanpa henti. Sementara kalau penggunaan harian, bisa sampai dua hari.

Galaxy M53 5G sudah lumayan lengkap dari segi fiturnya seperti adanya NFC, dukungan 5G dan ditopang dalam sistem operasi atau OS bawaan Android 12 berbasis antarmuka atau User Interface (UI) One UI 4.1 khas Samsung yang ramah pengguna dan sangat agile.

Kamera Lengkap

Kemampuan fotografi Samsung Galaxy M53 5G juga sudah lengkap. Dimulai dari depan, smartphone ini punya resolusi kamera selfie 32 MP untuk foto dan video terlihat jernih. Kamera ponsel mendukung perekaman video 4K@30fps.

Sementara pada bagian kamera utama belakang ponsel memiliki resolusi tinggi 108 MP (f1.8). Ada juga kamera ultra wide 8 MP (F2.2), kamera makro sebesar 2 MP (F2.4), dan kamera dalam sebesar 2 MP (F2.4). Fitur atau mode pengambilan gambarnya juga lengkap. Hasilnya?

Kamera smartphone Samsung Galaxy M53 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Berdasarkan pengalaman kami menggunakan kamera Galaxy M53 5G, hasil jepretan kameranya bisa baik. Mengapa bisa baik? Sebab kendati secara angka kamera utama sudah besar, masalah umum kamera smart Samsung di kelas menengah adalah kemampuan menjepretnya pada malam hari.

Bisa bagus, dengan LED Flash atau mode malam, tapi tidak terlalu membantu. Baiknya, untuk mendapat hasil foto yang bagus, ambil foto hanya dalam keadaan cahaya cukup atau pada siang hari. Pada kondisi ini, hasilnya top. Tanpa gangguan.

Dalam keadaan memotret di kondisi cahaya cukup, hasil kamera Galaxy M53 5G detail, tajam dan akurasi warnanya enak dipandang. Kamera selfie dan videonya juga demikian. Di sisi ini, saran kami itu tadi, kalau mau bagus, sebisa mungkin pastikan kondisi cahaya cukup.

Kesimpulan

Sepekan lebih menggunakan smartphone Samsung Galaxy M53 5G untuk daily driven atau perangkat harian, kami cukup puas. Memorinya lega, RAM nya juga besar, apalagi layarnya. Dengan cost seperti sudah dijelaskan di atas untuk menebus Samsung Galaxy M53 5G menurut kami cukup layak. Ada harga, ada rupa. Samsung Galaxy M53 5G hanya memiliki beberapa catatan saja, misal desain dan kamera saat malam. Sisanya, baik-baik saja.

Untuk smartphone 5G Samsung, kalau mau yang lebih baik dari ini, Samsung punya model lainnya dengan cost yang tentunya juga menyesuaikan. Atau kalau merasa M53 5G kemahalan, ada juga model di bawahnya dengan spek yang nggak kalah.

Berikut hasil kamera smartphone Samsung Galaxy M53 5G dalam berbagai skenario pemotretan:


Foto-foto: Rian Alfianto/JawaPos.com

Topik Menarik