Kecele! Kode Ojo Kesusu di Rakernas Projo Diduga Bukan untuk Ganjar Tapi untuk Jokowi Sendiri

Kecele! Kode Ojo Kesusu di Rakernas Projo Diduga Bukan untuk Ganjar Tapi untuk Jokowi Sendiri

Nasional | radartegal | Sabtu, 11 Juni 2022 - 11:55
share

Sempat memberi kode \'ojo kesusu\',
disebut banyak pengamat yang terkecoh menafsirkan kode Joko Widodo (Jokowi) di acara Projo beberapa waktu lalu.

Hal ini seperti diungkap pemilik akun anonim Partai Socmed. Menurutnya,
banyak pengamat yang menyebut Jokowi mendukung Ganjar di Pilpres mendatang.

"Padahal bukan," tegas Partai Socmed.

Terbukti (lagi). Banyak pengamat yg kecele membaca kode Jokowi di acara Projo itu sebagai dukungan terhadap Pak Ganjar. Padahal bukan, itu dukungan untuk dirinya sendiri yg ingin memperpanjang kekuasaan. Itulah sebabnya mereka disebut pengamat bukan penganalisa, celotehnya di Twitter yang dilihat Sabtu (11/6).

Ketua Umum Relawan Projo Budi Arie Setiadi menyebut tidak menutup kemungkinan untuk Presiden Jokowi meneruskan masa jabatannya.

Pentolan relawan garis keras Jokowi ini kembali membuka kotak pandora wacana presiden tiga periode.

Menurut dia, Jokowi sudah memberi standar tinggi soal kepemimpinan, sementara calon pemimpin bangsa yang muncul saat ini masih jauh dari standar Jokowi.

Pernyataan Budi Arie mendapat respons dari sejumlah pihak.

Banyak pula yang menduga ujaran ojo kesusu atau jangan terburu-buru menentukan sikap dan dukungan pada salah satu tokoh di Pilpres 2024 yang dilontarkan Presiden Jokowi dalam acara Rakernas Pro Jokowi (Projo) ditafsirkan bukan ditujukan untuk Ganjar Pranowo.

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Nadirsyah Hosen atau Gus Nadir menyebut di Twitter menyinggung pernyataan bersayap Jokowi.

Makanya ada yg bilang gini: Pak Jokowi pesan ojo kesusu meskipun mungkin yg kita dukung ada di sini, itu bisa jadi bukan menunjuk ke Pak Ganjar tapi ke Pak Jokowi sendiri. Buktinya isu 3 periode muncul lagi oleh Projo, cuit Gus Nadir dikutip pada Sabtu (11/6).

Senada yang dikatakan warganet, Jokowi di tengah sambutannya juga menyampaikan kode bahwa boleh jadi tokoh yang akan dijagokan mendatang oleh Projo untuk maju pada Pilpres mendatang adalah orang yang hadir dalam acara Rakernas V yang digelar di Magelang, Jawa Tengah.

Setali tiga uang, Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menafsirkan apa yang disampaikan Presiden Jokowi merupakan sinyal bahwa usulannya terhadap perpanjangan masa jabatan presiden tiga periodemasih punya peluang untuk berlanjut.

Saya mengatakan sesungguhnya pidato Pak Jokowi itu, calon yang akan kalian dukung (Projo) ya saya (Jokowi). Kami semangat betul itu mendengar pidato itu, ujar Qodari dalam diskusi akhir pekan Titik Nol dengan tema Pesan Jokowi, Ojo Kesusu di Jakarta, Sabtu (28/5).

Menurut Qodari, pesan \'Ojo Kesusu\' yang dimaksud Presiden Jokowi adalah sinyal untuk para relawan agar bersabar.

Sebab Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 7 yang mengatur tentang masa jabatan presiden dan wakil presiden belum dilakukan amendemen.

Ojo kesusunya itu apa? Ojo kesusunya ini karena Undang-Undang Dasar-nya belum di amendemen gitu. Artinya tiga periode masih hidup. Still alive and kicking. Jadi, gitu bahasanya, ucap Qodari dikutip dari Fajar.co.id. (ima/rtc)

Topik Menarik