PSS Elite Pro Academy Rampungkan Seleksi

PSS Elite Pro Academy Rampungkan Seleksi

Nasional | radarjogja | Sabtu, 11 Juni 2022 - 09:38
share

RADAR JOGJA PSS Development Center akhirnya merampungkan program seleksi pemain untuk menghadapi kompetisi Elite Pro Academy (EPA) 2022. Seleksi yang dijaring melalui sejumlah sekolah sepak bola (SSB) di Sleman itu diikuti berbagai kelompok usia (KU). Mulai dari U-20, U-18, dan U-16.

Pelatih kepala PSS EPA U-18 Fajar Subekti menjelaskan, saat ini seleksi mengagendakan pencoretan pemain dari masing-masing kelompok umur. Kegiatan tersebut berlangsung di Training Ground PSS Development Center, Macanan, Sleman. Ada internal game antara pemain terpilih seleksi dengan pemain U-18 yang lama. Jadi masih ada sekitar 15 pemain yang ada, kami lakukan internal game dari situ kami tentukan pemain yang terbaik, ujarnya.

Saat ini, kata Fajar, proses seleksi memang tengah dikebut. Sebab, pada akhir Juni nanti, tim sudah harus terbentuk dengan kuota 30 pemain. Rinciannya 25 pemain dari hasil seleksi, sisanya dari akademi.

Fajar mengatakan, setelah tim terbentuk, lantas akan dilakukan sistem promosi-degradasi. Itu dilakukan untuk menjaga kualitas pemain hasil seleksi. Sistem tersebut masih berjalan dengan melihat perkembangan anak-anak yang mengikuti latihan bersama kami, paparnya.

Adapun sistem promosi-degradasi itu terutama berlaku bagi pemain-pemain yang baru lolos seleksi. Karena kami juga tidak tahu di luar mereka latihannya seperti apa. Ketika nanti kami latih di sini. Semoga anak-anak hasil seleksi sangat potensial untuk level yang lebih tinggi, tambah dia.

Yang pasti, alumnus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu berpesan kepara pemain yang lolos seleksi untuk rajin berlatih agar bisa bersaing di level selanjutnya. Fajar berharap adanya seleksi dapat memunculkan pemain muda berkualitas asli Bumi Sembada. Harapan kami sudah jelas, sesuai visi misi di tahun ini melakukan banyak pilihan pemain lokal atau kami prioritaskan anak-anak lokal Sleman. Semoga mereka bisa bersaing di level lebih tinggi, yaitu Elite Pro Academy, pungkasnya. (ard/din)

Topik Menarik