Wilayah Muara Enim Jadi Tempat Penampungan Begal Motor Asal Palembang

Wilayah Muara Enim Jadi Tempat Penampungan Begal Motor Asal Palembang

Nasional | fornews.co | Jum'at, 10 Juni 2022 - 16:35
share

PALEMBANG, fornews.co Jajaran Satreskrim Polsekta Ilir Barat (IB) I Palembang, kembali meringkus satu komplotan pembegal motor yang kerap meresahkan warga Palembang.

Satu tersangka M Aji Saputra (23), ditangkap apparat pada Kamis (9/6/2022) malam, sekitar pukul 18.30 WIB.

Kapolsek IB I, Kompol Roy A Tambunan menyatakan, memang benar anggota Satreskrim Polsekta IB I menangkat satu dari komplotan pembegal motor. Saat ini kasus tersebut terus kita proses, tegas dia, Jumat (10/6/2022).

Roy menerangkan, komplotan begal ini berjumlah enam orang, dua pelaku sebelumnya yakni Aldi dan Hafiz, telah lebih dulu tertangkap satreskrim Polsekta Ilir Timur II Palembang.

Trbaru dua anggota komplotan yang ternyata kakak beradik M Aji Saputra dan M Iqbal Saputra (27), berhasil dibekuk satreskrim Polsekta Ilir Barat I Palembang dalam sepekan terakhir, terang dia.

Sementara, tersangka Aji mengatakan, motor dari hasil pembegalan komplotan mereka dijual ke wilayah Desa Rambang Dangku, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim. Tersangka mengaku ada jaringan di wilayah tersebut untuk memasarkan motor itu.

Misal kami dapat motor, nanti aku yang menelpon teman di sana (Muara Enim), dia yang mencarikan pembeli. Aku kirim foto motornya ke dia terus cocok harga. Dia yang ke Palembang jemput, sedangkan uang di transfer setelah ada pembayaran dengan calon pembeli, kata dia.

Aji mengungkapkan, untuk harga satu motor hasil begal komplotan mereka kisaran Rp4 juta. Karena hasil begal yang mereka dapat itu cukup banyak, tersangka berani menutupi dahulu uang tersebut, meski belum mendapatkan calon pembeli dari Muara Enim.

Kalau budak ini dapat motor, mereka ini mau duit cepat karena sudah pagi, jadi pakai duit simpanan aku dulu, ungkap dia.

Aji menyatakan, terlibat langsung dalam Sembilan kali aksi begal, dan dia berperan sebagai mencari pembeli dari hasil jarahan rekan-rekannya. Untuk wilayah-wilayah yang menjadi sasaran pembegalan komplotan mereka yakni, di Kawasan Jalan Gubernur H Asnawi Mangku Alam (simpang bandara), Angkatan 45, Dwikora, Kenten, dan Demang Lebar Daun. (aha)

Topik Menarik