Catat 5 Tips Memilih Beras yang Bagus

Catat 5 Tips Memilih Beras yang Bagus

Nasional | telisik.id | Kamis, 9 Juni 2022 - 11:34
share

KENDARI, TELISIK.ID - Beras adalah salah satu makanan pokok sebagian masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Keberadaannya pun cukup melimpah untuk memenuhi kebutuhan makan masyarakat.

Dikutip dari Kompas.com, beras merupakan butir padi yang sudah dipisahkan dari sekam. Kandungan utama yang sudah pasti ada dalam beras ialah karbohidrat.

Kandungan ini membuat orang yang memakannya merasa kenyang selama beberapa jam.

Hanya saja, tidak selamanya beras yang kita temukan dalam kondisi baik. Sehingga kita butuh referensi untuk mengetahui mana beras baik dan tidak.

Melansir yoursay.id, berikut ini 5 tips memilih beras yang baik:

1.Warna

Hal pertama adalah perhatikan warna beras, jangan memilih beras yang berwarna kusam atau sebaliknya berwarna terlalu putih bersih. Pilihlah beras dengan warna putih seperti ala kadarnya untuk menghindari warna sintetis yang dibuat dari pewarna.

2.Aroma

Genggam dan cium beras serta pastikan bras memiliki aroma khas pada umumnya, jangan sampai beras yang kamu pilih berbau menyengat baik wangi ataupun berbau tengik.

3.Tekstur

Perhatikan tekstur beras apakah ia kuat atau mudah rapuh saat diremas. Jika beras yang kamu remas mudah rapuh, hal ini mengindikasikan bahwa beras tersebut berkualitas kurang bagus dan bisa juga dicurigai sebagai beras stok lama, sehingga jangan memilih beras ini untuk dibeli.

4. Beras tidak bercampur kotoran

Pilihlah beras yang bersih yang bebas dari kotoran maupun batu krikil di dalamnya. Hal ini agar kamu dapat memastikan bahwa beras telah melalui filterisasi yang baik sehingga kebersihannya terjaga.

5. Bebas dari kutu

Pastikan beras yang kamu pilih terbebas dari kutu ataupun hewan lain yang mengindikasikan bahwa beras tersebut adalah beras yang sudah terlalu lama dijual. Jangan membelinya karena selain kurang sehat, beras tersebut juga kurang enak untuk dimakan baik secara tekstur, warna, maupun baunya pun juga akan berbeda dari beras kebanyakan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Topik Menarik