Loading...
Loading…
Koq Bisa Ada Muncul FPI Demo Dukung Anies Capres 2024 Siapa

Koq Bisa Ada Muncul FPI Demo Dukung Anies Capres 2024 Siapa

Nasional | law-justice.co | Kamis, 09 Juni 2022 - 07:39

Polda Metro Tak Pernah Keluarkan Izin FPI Reborn Demo Dukung Anies Capres 2024

Berita munculnya FPI Reborn menyatakan mendukung Anies Baswedan sebagai Capres 2024.


Dalam pemberitaan sebelumnya Pemerintah telah memutuskan membubarkan organisasi massa Front Pembela Islam (FPI) dan melarang segala aktivitas yang dilakukannya. Pembubaran itu dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, Jaksa Agung, Kapolri, serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Endra Zulpan menyatakan tidak pernah mengeluarkan izin FPI Reborn unjuk rasa di depan Patung Kuda, Senin lalu.
Zulpan menerangkan, izin tidak pernah dikeluarkan karena FPI Reborn tidak terdaftar sebagai organisasi massa (ormas) di Kementerian Hukum dan HAM.


"Enggak ada ya kalau dari kita enggak ada mengeluarkan izin untuk FPI Reborn, itu enggak ada," kata Zulpan dalam keterangannya, Rabu, 8 Juni 2022.

Polda Metro Jaya juga belum menerima informasi tentang keberadaan massa tersebut. "Nanti saya koordinasikan lagi saya belum dapat data lengkapnya. Masih kami dalami dulu," ujar Zulpan.

FPI juga membantah telah menggelar unjuk rasa mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Sebelumnya viral sejumlah orang yang mengatasnamakan FPI Reborn mendeklarasikan dukungan kepada Anies di kawasan Patung Kuda.

Dalam foto-foto yang beredar di media sosial, para peserta aksi mengenakan baju serba putih dan membawa bendera besar bertuliskan FPI berwarna hijau. Mereka juga membawa spanduk bertuliskan FPI Dukung Anies untuk Presiden 2024, Anies Presiden, dan FPI Reborn.

Foto-foto ini pun turut dibagikan Politikus PSI Mohamad Guntur Romli melalui akun twitternya @GunRomli yan telah mendapat centang biru. Guntur membagikan foto-foto peserta demo FPI Reborn ini pada pukul 14.11 WIB hari ini. Demikian juga aktivis medsos Eko Kuntadhi, dalam akun twitter @_ekokuntadhi pada pukul 13.12 WIB.

Menanggapi foto viral tersebut, FPI mengeluarkan siaran pers berjudul `Waspada FPI Palsu". Siaran pers ini ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Front Persaudaraan Islam Muhammad Alattas, Sekretaris Umum Ali Abu Bakar Alattas, dan Penasehat Pusat Abuya Qurtubi Jaelni.

Adanya gerakan FPI Palsu Muncul oleh Siapa

Dalam siaran pers ini, Front Persaudaraan Islam menganggap massa FPI Reborn tersebut telah digerakkan oleh intelijen. Sebab, mereka menganggap massa aksi ini tidak dikenal meski mereka membawa-bawa kata-kata FPI dalam bendera yang mereka bawa. "Ada gerakan intelijen yang sangat berbahaya menggerakkan massa tidak dikenal dengan menggunakn nama dan bendera bertuliskn FPI serta pakaian serba putih."

Original Source

Topik Menarik