UEFA Nations League: Belanda Bekuk Wales Lewat Kemenangan Dramatis

UEFA Nations League: Belanda Bekuk Wales Lewat Kemenangan Dramatis

Nasional | republika | Kamis, 9 Juni 2022 - 05:16
share

REPUBLIKA.CO.ID,CARDIFF -- Belanda yang turun dengan mayoritas para pemain cadangan mengalahkan Wales yang juga mengistirahatkan beberapa pemain senior dalam pertandingan Grup A4 UEFA Nations League. Belanda menang dengan skor 2-1 pada laga di Cardiff City yang berakhir dramatis, Kamis (9/6/2022) dini hari WIB.

Wout Weghorst mengamankan tiga poin untuk Belanda sekaigu posisi puncak klasemen Grup A4 setelah mencetak gol dengan sundulan pada menit keempat injury time. Gol ini hanya berselang dua menit dari gol penyama kedudukan yang dicetak pemain Waes Rhys Norrington-Davies. Sebelumnya, Teun Koopmeiners membuka skor lima menit memasuki babak kedua.

Meskipun terlihat punya banyak kesempatan untuk unggul, Wales justru kebobolan pada awal babak kedua. Koopmeiners menemukan ruang untuk melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti dengan kaki kanannya yang lebih lemah setelah mendapat umpan dari debutan Jerdy Schouten.

Belanda hanya memiliki satu peluang di 45 menit pertama, menjelang turun minum, ketika tembakan Cody Gakpo dibelokkan menjadi sepak pojok oleh Chris Mepham.

Sebelum itu, upaya pemain Wales Harry Wilson lewat tendangan bebas menemui sasaran, tetapi bola bisa ditepis oleh kiper Belanda Mark Flekken.

Bintang Wales Gareth Bale membuat penampilan cameo di seperempat jam terakhir, tetapi justru Norrington-Davies yang menanduk bola untuk menyamakan kedudukan pada menit kedua injury time.

Namun hampir langsung dari kick off, Frenkie de Jong mengawali gerakan yang berakhir dengan penyelesaian diving Weghorst untuk membawa pulang kemenangan dramatis bagi Belanda.

"Itu adalah serangan balik yang fantastis tetapi kami ceroboh di babak pertama, menguasai banyak bola sehingga kami tidak bisa menyerang. Namun saya terus mengatakan kami memiliki skuat yang luar biasa," kata Van Gaal kepada televisi NOS Belanda setelah pertandingan, dikutip Reuters.

Wales kini kalah dalam dua pertandingan di UEFA Nations League. Rekor 19 pertandingan tak terkalahkan pun berakhir. Sementara hasil ini memperpanjang rekor 100 persen Belanda atas Wales menjadi sembilan pertandingan.

Belanda selanjutnya menjamu Polandia di Rotterdam pada Ahad (12/6/2022) WIB, sementara Wales menghadapi Belgia.

Topik Menarik