Loading...
Loading…
Jangan Tiru Politisi India yang Hina Nabi Muhammad, Indonesia Wajib Jaga Toleransi

Jangan Tiru Politisi India yang Hina Nabi Muhammad, Indonesia Wajib Jaga Toleransi

Nasional | reqnews.com | Kamis, 09 Juni 2022 - 04:02

JAKARTA, REQnews - Pernyataan dua politisi India dari Bharatiya Janata Party (BJP) yang menghina Nabi Muhammad SAW dan mengejek Al-Qur\'an telah memicu reaksi keras di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Namun, Sekretaris Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Fuad Nasar meminta seluruh umat di Indonesia tidak meniru hal tersebut, dan tetap menjaga toleransi.

"Kita mengapresiasi respons Kementerian Luar Negeri RI yang telah memanggil Duta Besar India untuk Indonesia berkenaan dengan isu tersebut. Toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia wajib dijaga dengan ucapan dan tindakan yang tidak menyakiti umat beragama lain," kata Fuad di Jakarta, Rabu 8 Juni 2022.

Ia berkata, India adalah negara yang besar, dengan sejarah panjang terkait toleransi antar umat Hindu maupun Islam. Fuad juga mengutuk ucapan politisi tersebut, namun meminta mereka untuk belajar dari tokoh-tokoh bijaksana seperti Mahatma Gandhi.

"Belajarlah dari pemimpin utama India Mahatma Gandhi dan Sarojini Naidu, penyair terkenal India, meski dia seorang Hindu yang taat, secara terbuka lewat pernyataan dan tulisannya mereka mengagumi kebesaran Nabi Muhammad," ujarnya.

Original Source

Topik Menarik