Ketabahannya jadi Teladan, Dari Jokowi Hingga Petinggi Parpol Sampaikan Duka untuk Kang Emil

Ketabahannya jadi Teladan, Dari Jokowi Hingga Petinggi Parpol Sampaikan Duka untuk Kang Emil

Nasional | wartaekonomi | Selasa, 7 Juni 2022 - 10:07
share

Sederet pejabat menyampaikan duka cita dan doa untuk Emmeril Khan Mumtadz, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meninggal dunia setelah tenggelam di sungai Aare, Bern, Swiss.

Eril, sapaan akrab Emmeril dikabarkan terseret arus di Sungai Aare pada Kamis 26 Mei lalu pukul 09.40 waktu setempat. Setelah proses pencarian yang dilakukan selama tujuh hari, keluarga memutuskan untuk mengikhlaskan kepergian Eril.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mengucapkan bela sungkawa atas kepergian putra sulung Kang Emil beserta sang istri, Atalia Pratatya. Ucapan bela sungkawa tersebut disampaikan Jokowi melalui laman Instagram resminya.

"Innalilahi wa innailahi rajiun. Sebagai orang tua, saya tidak dapat membayangkan betapa berat perasaan dan beban yang harus dipikul Bapak Ridwan Kamil dan Ibu Atalia menghadapi peristiwa ini," kata Jokowi yang dikutip di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Sekali lagi saya menyampaikan turut berbelasungkawa. Semoga semua keluarga yang ditinggalakan diberikan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini. Semuanya milik AllahSWT dan hanya kepadaNya kita akan kembali, " kata Jokowi.

Wakil Presiden Maruf Amin juga turut menyampaikan duka cita mendalam kepada Kang Emil. Ucapan tersebut disampaikan Wapres melalui panggilan video di Ruang Tunggu VVIP Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.

Saya ikut menyampaikan dukacita kepada Ananda Eril, Emeril Khan Mumtadz, mudah-mudahan diterima di sisi Allah SWT dan keluarga diberi kesabaran, ketabahan," tutur Ma\'ruf.

Ucapan belasungkawa tak hanya datang dari Jokowi dan Maruf Amin. Sejumlah jajaran Kabinet Indonesia Maju juga turut menyampaikan duka cita mendalam kepada Ridwan Kamil dalam masa berat seperti ini.

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Allahummaghfir lahu warhamhu waafihi wafu anhu waakrim nuzulahu wawasy-syi mad-halahu, BirahmatiKa Ya Arhamar Rahimien. Turut berbela sungkawa. Saya ikut mendoakan Semoga Emmeril Kahn Mumtaz (Eril) diberi jalan yang lempang dalam menghadap Tuhan Yang Maha Ada, kata Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Insya Allah Eril dipanggil menghadap Allah dalam usia yang sangat muda karena kebaikannya. Hal itu dipersaksikan oleh keluarga, sahabat bahkan masyarakat luas, mereka mengenal Eril sebagai pribadi yang sangat baik. Semoga orang tuanya, bpk Ridwan Kamil dan ibu Atalia Praratya diberi ketabahan dan keikhlasan. Begitu juga saudara dan kerabat dekatnya. Amin, kata Muhadjir.

Selain jajaran menteri, tokoh dan pejabat lembaga juga turut berduka atas kepulangan Eril. Ketua DPR Bambang Soesatyo mengaku merasakan kepedihan yang saat ini dirasakan oleh Ridwan Kamil dan keluarga.

Sahabatku Kang Ridwan Kamil. Saya dapat merasakan kepedihan yang sangat. Tak ada ujian yang lebih berat daripada orang tua yang harus kehilangan anaknya. Saya mendoakan agar kang Ridwan Kamil beserta keluarga diberi ketabahan dan kekuatan. Amiin, kata Bambang.

Sementara itu, ucapan duka cita juga datang dari sejumlah elit partai seperti Gerindra dan Partai Amanat Nasional.

Ungkapan duka cita yg sangat mendalam untun pak Ridwan Kamil sekeluarga kami dari keluarga besar Partai Gerindra mengucapkan duka yang mendalam. Semoga keluarga pak Ridwan Kamil dapat diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan yang sangat berat ini. Semoga ikhlas, dan kami doakan semoga pak Ridwan Kamil beserta keluarga dapat pulih seperti sedia kala, kata Ketua DPP Harian Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Innalillahi wa Inna Ilaihi Rajiun. Kami berduka cita atas berpulangnya ananda Emmeril Khan Mumtadz, putra dari sahabat kami Kang Emil, Kang Ridwan Kamil. Kami sebagai orang tua merasakan betapa pedihnya kehilangan. Dan kami merasa bahwa tidak ada yang bisa dijadikan tempat bersandar kecuali Allah SWT yang telah dilakukan oleh sahabat saya Kang Emil dan juga Teh Lia, kata Eddy.

Semoga Allah SWT menerima semua amal kebaikan, mengampuni segala kesalahan ananda Eril dan diterima di surganya Allah sebagai syahid akhirat. Dan kepada kedua orang tuanya. Kang Emil, Teh Lia diberikan ketabahan, diberikan kesabaran dalam melalui masa-masa sulit ini. Doa kami sekeluarga bersama kang Ridwan Kamil dan Teh Lia, tutup Eddy.

Topik Menarik