Loading...
Loading…
Dibully Netizen, Giring PSI Tak Terima Event Formula E Dibilang Sukses: Cuma Ramai

Dibully Netizen, Giring PSI Tak Terima Event Formula E Dibilang Sukses: Cuma Ramai

Nasional | radartegal | Selasa, 07 Juni 2022 - 09:28

Menjadi bahan olok-olok netizen usai gelaran Formula E membuat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha angkat bicara.

Meski banyak yang memuji event yang digagas Anies Baswedan itu, Giring menilai event Formula E yang digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022 lalu belum bisa dikatakan sukses.

Berhasil lihatnya dari mana? Apakah dilihat dari jumlah penontonnya, apakah dilihat dari jumlah keuntungannya, apakah dilihat dari dampak ekonominya ke masyarakat sekitar DKI Jakarta, kata Giring saat ditemui di kawasan Kuningan, Senin (6/6) kemarin.

Menurut Giring, keramaian penonton saat menyaksikan langsung Formula E bukan tolok ukur balapan mobil listrik itu dianggap sukses.

Sebab kata dia, kesuksesan sebuah acara bertaraf internasional harus dilihat dari dampak ekonomi dan sosial ke masyarakat sekitar.

Makanya sukses tuh dilihat dari mana? Kalau cuma ramai dan ingar bingar saja sih itu bukan sukses, dia menambahkan.

Dia melanjutkan, penyelenggara Formula E harus membuka ke publik. Bahwa Formula E mendatangkan keuntungan atau tidak.

Kalau untung, uangnya dipakai buat apa? Terus kalau rugi, siapa yang nanggung? Jangan sampai nanti kalau rugi nanti yang nanggung uang pajak masyarakat, katanya.

Mantan vokalis Nidji ini menilai, balapan Formula E bukan sebuah kebutuhan bagi warga DKI Jakarta.

Menurut dia, ada sejumlah persoalan lain yang harusnya menjadi prioritas Pemprov DKI. Misalnya masalah polusi hingga kemacetan.

Masih banyak kemacetan, masih banyak titik-titik banjir, polusi. Setelah pandemi Covid, bagaimana kita ngomongin menambah lapangan pekerjaan di DKI. Kemarin kita baru dengar banyak start up yang PHK karyawannya, ini bagaimana, tuturnya.

Sementara itu, sebuah video yang menampilkan pernak-pernik berupa mobil mainan bersampul wajah Anies Baswedan beredar di media sosial, salah satunya TikTok.

Dalam video tersebut terlihat gambar wajah Anies yang berkaca mata dan baju berwarna cokelat dengan mainan berupa mobil balap bertuliskan Formula E.

Di bagian belakang pembungkus mainan itu, terdapat tulisan "lika liku Jakarta ngotot jadi tuan rumah Formula E".

Tangkapan layar mainan Hot Wheels bergambar Anies Baswedan yang disebut menjadi merchandise Formula E Jakarta pun jadi sorotan.

Namun, panitia penyelenggara menepis mainan Hot Wheels bergambar Anies Baswedan merupakan merchandise Formula E Jakarta.

"Sama sekali bukan, hoaks itu," kata Vice President Communication Formula E Jakarta, Iman Sjafei di Jakarta, Senin (6/6).

Ia menekankan, ajang balap mobil listrik itu tidak pernah menjual merchandise alias pernak-pernik bergambar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Iman menambahkan, seluruh pernak-pernik yang dijual di ajang Formula E Jakarta dikeluarkan oleh penyelenggara global, yakni Formula E Operation (FEO).

"Merchandise resmi yang keluarkan itu FEO," katanya.

Selama satu hari pelaksanaan balap mobil listrik Formula E di Ancol, ada beberapa gerai resmi yang menjual pernak-pernik di kawasan sirkuit dan Jakarta Expo Kemayoran.

Adapun pernak-pernik yang dijual di antaranya kaos, topi, botol air, payung, jaket hingga tas dengan warna mayoritas hitam dan biru bertuliskan Formula E.

Dikutip dari Antara, ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta sudah diselenggarakan pada Sabtu, 4 Juni 2022, di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara.

Pebalap Mitch Evans dari Tim Jaguar TCS Racing menjadi pemenang pada ajang balapan mobil listrik pertama di Indonesia itu. (ima/rtc)

Original Source

Topik Menarik