Debt Collector Rampas Paksa Motor Anda di Jalan? Polisi Sarankan Rekam Videonya Pakai HP

Debt Collector Rampas Paksa Motor Anda di Jalan? Polisi Sarankan Rekam Videonya Pakai HP

Nasional | radartegal | Selasa, 7 Juni 2022 - 06:40
share

Ulah para penagih utang (debt collector) di jalanan yang kerap meresahkan warga ditanggapi oleh polisi. Korp Bhayangkara itu menyarankan masyarakat merekamnya dengan hanphone (hp) untuk mendokumentasikannya.

"Kalau memang dihentikan, tanyakan identitas dan buat videonya, apakah dia benar \'debt collector\' atau memang dia hanya ingin melakukan perampasan motor di jalan," kata Kapolsek Cengkareng, Kompol Ardhie Demastyo, Senin (6/6).

Upaya itu harus dilakukan, karena belakangan marak terjadi pencurian sepeda motor dengan modus pelaku menjadi penagih utang gadungan. Mereka berpura-pura menarik sepeda motor konsumen yang menunggak.

Setelah itu, sepeda motornya dibawa kabur pelaku. Ardhie melanjutkan rekaman tersebut bisa diserahkan ke pihak kepolisian sebagai barang bukti untuk kepentingan penyidikan.

Ardhie juga mengimbau warga langsung melapor ke polisi setempat jika menjadi korban pencurian dengan modus seperti itu. Sebelumnya, beberapa kasus pencurian sepeda motor dengan modus penagih utang gadungan, terjadi Jakarta Barat.

Kasus pertama yang muncul ke permukaan, yakni terjadi di kawasan Kembangan, Jumat (27/5) lalu. Pelaku ditangkap setelah berpura-pura menjadi penagih utang dan mencoba merampas sepeda motor warga di kawasan Joglo.

Kasus kedua terjadi di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat.Polsek Cengkareng menangkap dua penagih utang gadungan karena diduga melakukan pencurian di kawasan Rawa Buaya pada Selasa (24/5).

Dua tersangka berinisial DMD (30) dan RN (32), karena mengambil sepeda motor milik STI (23). (fin/zul)

Topik Menarik