Australia Tawarkan Teknisi Ahli Bangun IKN Jadi Kota Hijau

Australia Tawarkan Teknisi Ahli Bangun IKN Jadi Kota Hijau

Nasional | koran-jakarta.com | Selasa, 7 Juni 2022 - 00:03
share

JAKARTA - Pemerintah Australia menawarkan teknisi ahli untuk terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur menjadi kota yang hijau, ramah lingkungan, dan berteknologi tinggi.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, dalam keterangannya usai mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6), mengatakan rencana pembangunan IKN merupakan prospek yang luar biasa, serta menandakan arah dan tujuan negara Indonesia.

"Saya dengan senang hati menawarkan teknisi ahli Australia untuk membantu merencanakan kota yang bersih, hijau, dan berteknologi tinggi," kata PM Albanese dalam keterangan yang dipantau secara daring.

Indonesia dan Australia, kata Albanese, sejalan dalam mewujudkan ketahanan iklim serta memberikan akses yang lebih baik terhadap energi hijau yang terjangkau, andal di seluruh wilayah, dalam upaya transisi ke nol emisi karbon.

Dia pun berharap dapat memajukan kemitraan iklim dan infrastrukturnya dengan dana hibah awal sebesar 200 juta dollar AS.

Albanese juga menilai bahwa Indonesia berada di jalur yang tepat untuk termasuk dalam lima negara dengan PDB terbesar di dunia.

Pemerintah Australia pun berkomitmen untuk mengeksplorasi peluang investasi di Indonesia untuk keberlanjutan kerja sama kedua negara. Albanese juga memerintahkan Menteri Perekonomian untuk menjamin dukungan bisnis di kedua pihak. "Revitalisasi hubungan perdagangan dan investasi adalah prioritas bagi kami. Itulah sebabnya kami berencana untuk mewujudkan potensi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia-Australia," kata Albanese.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), dalam kesempatan itu mengatakan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Australia semakin penting diperkuat di tengah situasi dunia yang sangat dinamis dan penuh tantangan.

Selain untuk kepentingan bilateral, kerja sama yang kokoh juga dapat dikontribusikan Indonesia bersama Australia bagi perdamaian dan kesejahteraan di kawasan maupun di dunia.

Menarik Investor

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam, mengatakan tawaran pemerintah Australia tersebut patut diapresiasi karena menarik investor luar negeri lainnya untuk bergabung.

"Pemerintah Australia memiliki pengalaman dan bukti yang tidak perlu diragukan karena pernah memindahkan ibu kotanya dari Melbourne ke Canberra," kata Surokim.

Selain pengalaman, tawaran dari ahli bisa menjadi ajang untuk transfer knowledge dan best practice kepada teknisi-teknisi dalam negeri dalam membangun kota yang ramah lingkungan.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono, menjelaskan rencana penerapan energi hijau di IKN saat menghadiri Clean EDGE Trade Mission Agenda untuk membuka peluang kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat. "IKN didesain menjadi kota yang hijau, inklusif, cerdas, tanggung, dan kota hutan yang berkelanjutan," kata Bambang.

Topik Menarik