Gelombang Panas Kembali Ancam India, Suhu Tembus 44 Derajat Celcius

Gelombang Panas Kembali Ancam India, Suhu Tembus 44 Derajat Celcius

Nasional | jawapos | Minggu, 5 Juni 2022 - 15:15
share

JawaPos.com Badan Metereologi India (IMD) memprediksi gelombang panas di barat laut India bakal terjadi dua-tiga hari ke depan. Akibatnya beberapa wilayah Delhi masuk dalam peringatan zona kuning.

Kondisi gelombang panas kemungkinan akan terjadi di Rajasthan, divisi Jammu, Himachal Pradesh, Uttarakhand, Punjab selatan, dan Haryana-Delhi selatan selama dua hari ke depan. Beberapa bagian India akan terus terguncang di bawah kondisi gelombang panas yang terik.

Setelah jeda singkat di mana suhu sempat normal, mungkin ada gelombang panas baru di bagian barat laut dan tengah negara itu selama dua-tiga hari ke depan, kata Departemen Meteorologi India (IMD) seperti dilansir dari Hindustan Times , Minggu (5/6).

Kondisi gelombang panas kemungkinan akan terjadi di Rajasthan, divisi Jammu, Himachal Pradesh, Uttarakhand, Punjab selatan dan Haryana-Delhi selatan selama dua hari ke depan (hingga 5 Juni). Sementara Uttar Pradesh selatan dan Madhya Pradesh utara akan terkena dampak gelombang panas hingga 8 Juni.

IMD juga mengeluarkan peringatan kuning, peringatan gelombang panas di tempat-tempat terpencil di ibu kota negara. Suhu minimum di Delhi sempat turun di 28,7 derajat Celcius. Nantinya suhu maksimum diperkirakan berkisar sekitar 44 derajat Celcius.

Observatorium Safdarjung, stasiun pangkalan Delhi, mencatat suhu maksimum 42,9 derajat Celcius pada hari Jumat (3/6). Awal pekan ini, ibu kota nasional juga dilanda badai petir bersama dengan curah hujan yang deraa.

Sementara itu, IMD memperkirakan akan terjadi curah hujan lebat di timur laut India dan sub-Himalaya Benggala Barat dan Sikkim selama lima hari ke depan. Wilayah semenanjung selatan akan mengalami curah hujan mulai 7 Juni.

Topik Menarik