Dilanda Kekeringan, Sebuah Kota di Meksiko Batasi Akses Air

Dilanda Kekeringan, Sebuah Kota di Meksiko Batasi Akses Air

Nasional | beritabaru.co | Sabtu, 4 Juni 2022 - 12:40
share

Berita Baru, Inovasi Sebuah kota di Meksiko tepatnya di negara bagian perbatasan Nuevo Leon membatasi akses air harian ke penduduk hanya selama enam jam setiap harinya.

Menurut pihak berwenang setempat pada Jumat (3/6/22) lalu, tindakan ini dilakukan sebagai tanggapan atas kekeringan bersejarah di wilayah tersebut.

Kota Monterrey, pusat bisnis utama yang wilayah metropolitannya menampung 5,3 juta penduduk, akan memberlakukan penggunaan air dari pukul 4 pagi hingga 10 pagi setiap hari.

Kebijakan sebelumnya membatasi air untuk satu hari per minggu berdasarkan lokasi. Langkah ini adalah yang terbaru oleh pihak berwenang untuk mengatasi kekurangan air di wilayah tersebut.

Permintaan saat ini melebihi pasokan sekitar 2,5 meter kubik per detik, kata direktur air kota Juan Ignacio Barragan, sebagaimana dikutip dari Reuters , Sabtu (4/6/22).

Negara bagian Nuevo Leon, yang mengalami peningkatan suhu di atas 40 derajat Celcius (104 Fahrenheit) memasuki keadaan darurat untuk kekeringan ekstrem pada bulan Februari. Daerah tersebut mengalami curah hujan yang lebih rendah dari perkiraan sejak 2015, kata Barragan.

Topik Menarik