Warga Dusun IV Sako Jaya Bersemangat Tancapkan Cerokok di Pembangunan Box Culvert TMMD Kodim Bengkalis

Warga Dusun IV Sako Jaya Bersemangat Tancapkan Cerokok di Pembangunan Box Culvert TMMD Kodim Bengkalis

Nasional | riau24.com | Sabtu, 4 Juni 2022 - 11:21
share

RIAU24.COM-BENGKALIS - Secara umum giat pengecoran Box Culvert di jalan Acehan, Dusun 4 Sako Jaya, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, sudah selesai. Saat ini, pekerjaan difokuskan untuk memoles permukaan bangunan menggunakan acian semen, Sabtu 4 Juni 2022.

Sembari dipoles, beberapa warga sekitar tampak membantu tim Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -113 Kodim 0303 Bengkalis dengan menancapkan kayu cerocok pada permukaan tanah agar lebih mengokohkan Box Culvert tersebut.

Sebelum kayu cerocok ditancapkan, tim Satgas yang dibantu warga lebih dahulu menggali tanah, kemudian diangkut guna menimbun sisi persinggungan jalan Acehan. Sedangkan bahu jalan lintasan dipadatkan mengingat bangunan ini sengaja dirancang lebih tinggi agar tak tergenang saat banjir.

Karena box culvertnya sudah tinggi, maka kita padatkan pundaknya pakai tanah. Jadi nanti bisa dilintasi dengan baik karena badan jalan telah melandai. Kita kerja sama untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan ini,ucal Sugino, Ketua RT004/RW009 Dusun Sako Jaya kepada wartawan.

zxc1

Menurut Sugino, fasilitas pengontrol debit air berukuran 1,5 1,5 5 meter yang dikerjakan dalam program TMMD ke-113 oleh Satgas Kodim 0303/ Bengkalis tersebut sangat besar manfaatnya terhadap masyarakat dan kini kembali diperkuat pemasangan kayu cerocok.

Kayu-kayu cerocok kita tanam untuk memperkuat pundakan tanah Box Culvert. Setelah padat, akan dipasang mal dan wiremesh karena nantinya pundakan Box Culvert akan dibeton juga,ungkapnya.

Soal manfaat, ujar Sugino, selain ampuh menangkal banjir, box culvert yang dibangun juga turut mendongkrak laju perekonomian warga sekitar tanpa perlu takut lagi dengan ancaman banjir atau luapan air lainnya dikala hujan mengguyur.

Sebelumnya sangat susah jual hasil panen karet dan sawit kalau kampung ini selesai diguyur hujan lebat, karena jalan Acehan ini pasti terendam. Tapi sekarang, box culvert buat kami lega. Pelangsiran hasil panen tak perlu lagi terbentur banjir. Sudah lebih lancar, tentu ekonomi kami akan lebih stabil kedepannya,katanya lagi.

Kades Muara Basung, Akhyar Mukmin, mengatakan aset yang dibuat dengan sinergitas atau kemanunggalan TNI bersama rakyat ini jelas berdampak nyata bagi warga sekitar.

zxc2

Hal yang paling terasa, ujar Akhyar, anak-anak Sekolah tak perlu bolos lagi dengan alasan banjir. Sebab, box culvert yang dibangun dirasa telah menjadi jawaban ampuh terkait polemik tersebut.

Memang sebelumnya, selesai hujan jalan Acehan pasti banjir. Dan kalau banjir, anak-anak sekolah pasti libur dadakan, karena takut mengarungi luapan air. Nah, sekarang hal itu tak lagi jadi masalah. Sudah ada box culvert, jadi dipastikan anak-anak sekolahan akan lebih mudah melintas,beber Akhyar.

Akhyar taklupa mengucapkan terima kasih kepada Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD ke-113, Letkol Inf Endik Yunia Hermanto dan jajaran, apalagi dedikasi ditonjolkan lewat program TMMD sangat bermanfaat luas dan nyata membantu masyarakat, terutama dalam mengakses perlintasan dan bidang ekonomi lewat kemudahan melangsir hasil panen.

Terima kasih, dedikasi yang ditorehkan sangat bermakna bagi kami, masyarakat Muara Basung. Kami senang, bahagia dan merasa bahwa TNI benar-benar ada untuk rakyat dan mendedikasikan pengabdian sepenuhnya bagi masyarakat. TNI Hebat, Desa Kuat, Bengkalis BERMASA, pungkasnya.

Topik Menarik