Sandi: Produk Kriya Banjar Baru Tingkatkan Kesejahteraan dan Buka Lapangan Kerja

Sandi: Produk Kriya Banjar Baru Tingkatkan Kesejahteraan dan Buka Lapangan Kerja

Nasional | republika | Sabtu, 4 Juni 2022 - 10:31
share

REPUBLIKA.CO.ID, BANJAR Baru -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Workshop Pengembangan Kabupaten/ Kota (KaTa) Kreatif Indonesia di Banjar Baru lebih mendorong pengembangan dari kriya untuk bisa terus berkembang dan berinovasi meski di masa pandemi ini.

Sandi melanjutkan, kegiatan workshop KaTa Kreatif Indonesia merupakan program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia tahun 2022. Dari 35 lokasi yang direncanakan, Kota Banjar Baru merupakan lokasi ke sepuluh yang mendapat kesempatan mengikuti workshop dan bertemu langsung dengan Menteri Parekraf. Jadi dalam kegiatan ini, kita bantu dalam pengembangan produknya, kata Sandi dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (4/6/2022).

Kota Banjar Baru telah menentukan kalau subsektor kriya sebagai sektor unggulannya. Melalui produk kriya kain bordir Sasirangan yang sudah diperkenalkan sejak abad ke dua belas, hingga kini terus dilakukan kreasi dan inovasi pada motif-motif baru.

Dengan rekam jejak tersebut subsektor kriya diharapkan dapat menjadi lokomotif penggerak bagi subsektor ekraf lainnya di Kota Banjar Baru. Dan yang paling bagus, ada produk ekraf yang sudah ada sejak abad ke dua belas, ujarnya.

Sandi mengungkapkan, dengan kehadiran dirinya langsung di tengah pelaku UMKM Banjar Baru, untuk sub sektor kriya khususnya, maka akan menjadi penyemangat terutama di industri pariwisata. Dan dengan penyelenggaraan workshop di kota ini, maka sub sektor kriya akan terfasilitasi dan peluang bagi terbukanya lapangan pekerjaan yang bisa menjadi solusi bagi masyarakat kota ini.

Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Kota Banjar Baru dilaksanakan pada Jumat, 3 Juni 2022 di MESS L Banjarbaru. Adapun peserta yang dapat mengikuti kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif adalah pelaku Ekonomi Kreatif yang berada di Kota Banjar Baru.

Kegiatan workshop ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi.

Kita harapkan, kalau pruduknya berkembang maka bisa meningkatkan ekonominya, tukasnya.

Topik Menarik