Loading...
Loading…
Bupati Serukan Program Jember Berbagi Terus Berlanjut

Bupati Serukan Program Jember Berbagi Terus Berlanjut

Nasional | republika | Sabtu, 04 Juni 2022 - 09:09

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Bulan Ramadhan 1443 hijriah yang lalu menjadi titik awal lahirnya program Jember Berbagi yang diprakarsai oleh Bupati Kabupaten Jember, Jawa Timur, Hendy Siswanto. Program Jember Berbagi ini merupakan program kelanjutan dari program Jember Hadir Untuk Rakyat (JHUR) yang mana program JHUR ini dilakukan setiap hari Jumat dan Sabtu di setiap pekannya, yang mana Bupati Jember serta jajarannya hadir ke kecamatan-kecamatan di wilayah Kabupaten Jember dengan menghadirkan seluruh tokoh-tokoh Masyarakat seperti kyai, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), pelaku UMKM, para Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta perwakilan Kepala Desa untuk berkomunikasi secara langsung perihal berbagai persoalan yang terjadi dalam wilayah kecamatan.

Memasuki bulan suci Ramadhan Program Jember Berbagi kami lakukan, masih tetap dalam kegiatan JHUR hanya saja semangat didalamnya dititikberatkan kepada semngat berbagi sesama, kegiatan ini sekaligus merupakan satu kesempatan untuk memberikan contoh teladan kepada masyarakat yang dimulai dari Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) terlebih dahulu untuk berbagi kepada masyarakat yang memang mereka perlu mendapatkan bantuan tetutama untuk masyarakat yang belum pernah menerima bantuan," kata Hendy Siswanto.

Baca Juga :
Manfaatkan Momentum Bulan Ramadan, Bupati Jember Prakarsai Program Jember Berbagi untuk Masyarakat

Bantuan-bantuan yang diberikan oleh Pemkab Jember untuk Program Jember Berbagi adalah bantuan dari pemerintahan Kabupaten Jember semua antara lain sembako, BLT, bantuan untuk ibu-ibu hamil dalam hal pemenuhan asupan gizi termasuk pemenuhan gizi untuk anak-anak stunting. Untuk bantuan sembako, Pemkab Jember mendapatkan dukungan dari para stakeholder serta mitra-mitra kerja dari Pemkab Jember seperti perbankan, koperasi serta komunitas-komunitas.

Salah satunya komunitas off-roader yang membantu dalam hal penyediaan sembako dengan membagikan sendiri sembakonya kepada masyarakat. Hendy Siwanto menambahkan, secara pribadi sejak 30 tahun yang lalu sampai dengan saat ini ia sudah melakukan kegiata rutin memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan untuk berbagi antarsesama dengan menyediakan takjil untuk berbuka puasa bersama.

Kami lakukan kegiatan Jember Berbagi ini setiap hari selama bulan Ramadhan mulai pukul 10:00 pagi sampai dengan jam 20:00 malam. Kami berkeliling untuk menjumpai masyarakat secara langsung seperti masyarakat Dhuafa, masyarakat yang hidup dengan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sekaligus kontrol pekerjaan pekerjaan proyek-proyek APBD dan ternyata dilapangan itu banyak persoalan-persoalan yang harus ditindaklanjuti. Harapannya ke depan ini akan menjadi kegiatan rutin yang akan kami lakukan selama bulan suci Ramadhan," kata Hendy Siswanto.

Baca Juga :
Syukuran Selesainya Pembahasan RPJMD, Bupati Jember Santuni Anak Yatim

Original Source

Topik Menarik