Terapkan Tata Kelola Terbaik, Semen Baturaja Sabet Dua Penghargaan Ini

Terapkan Tata Kelola Terbaik, Semen Baturaja Sabet Dua Penghargaan Ini

Nasional | gatra.com | Sabtu, 4 Juni 2022 - 08:01
share

Palembang, Gatra.com - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk atau dikenal SMBR berhasil menyabet dua penghargaan dalam ajang 13th Indonesia Institute for Corporate Directorship (IICD) Corporate Governance Award tahun 2022.

Keberhasilan SMBR mewujudkan komitmen Good Corporate Governance (GCG) dengan meraih Best State Owned Enterprise sekaligus memperoleh Top 50 Mid Capitalization of Public Listed Company (Mid Cap PLCs) dengan Praktek Tata Kelola yang baik.

Adapun penghargaan diserahkan oleh Vice Chairman Research IICD, Lukas Setia Atmaja dan diterima langsung oleh Direktur Utama (Dirut) SMBR, Daconi. Di mana, SMBR dinilai sebagai salah satu perusahaan publik terbaik dalam komitmennya menjalankan tata kelola perusahaan.

Daconi mengatakan, penghargaan yang berhasil diraih SMBR tersebut tentu merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras seluruh jajaran SMBR dalam membangun dan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan di seluruh unit kerja.

Kami akan terus menjaga dan meningkatkan tata kelola yang baik sehingga kami mampu memelihara kepercayaan stakeholder dan selalu menjadi perusahaan publik terdepan dalam penerapan GCG, ujarnya dalam keterangan rilis yang diterima Gatra.com di Palembang, Jumat (3/6).

Ajang IICD memberikan penghargaan kepada emiten yang telah mengimplementasikan praktik tata kelola perusahaan yang baik (GCG) pada tahun sebelumnya dan tidak terkait kasus serius yang bertentangan dengan prinsip-prinsip GCG pada acara The 13th IICD Corporate Governance Awards.

Penilaian dilakukan kepada 200 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar dan menengah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Di mana dalam melakukan penilaian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 100 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar (big cap) dan 100 emiten dengan kapitalisasi pasar menengah (mid cap), yang didukung oleh 10 asesor.

SMBR sendiri masuk dalam kelompok kapitalisasi pasar menengah (Mid Cap PLCs) dan telah mendapatkan skor penilaian berdasarkan Asean CG Scorecard. Hasil penilaian terhadap 200 emiten itu dipaparkan oleh James Simanjuntak setelah pembukaan acara di Jakarta baru-baru ini.

Praktek GCG di Perseroan telah mendapatkan penghargaan dari tahun ke tahun. Sebelumnya, pada 2021 lalu SMBR meraih Best Overall & Top 50 Mid Capitalization The 12th IICD Corporate Governance Award 2021 dan Top 50 Mid Capitalization Public Listed Company The 11th IICD Corporate Governance Award 2019.

Atas dukungan dari seluruh pihak, SMBR mampu menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dengan harapan. SMBR selalu menjadi perusahaan dengan praktek GCG terbaik setiap tahunnya, katanya.

Diketahui pula, dalam ajang tersebut turut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2009-2014 Boediono, Menteri Komunikasi dan Informatika periode 2014-2019 Rudiantara dan Chairman IICD Sigit Pramono.

Topik Menarik