Jangan Sepelekan, Ini 9 Kondisi Kesehatan yang Bisa Dipantau dari Masalah Mulut

Jangan Sepelekan, Ini 9 Kondisi Kesehatan yang Bisa Dipantau dari Masalah Mulut

Nasional | republika | Sabtu, 4 Juni 2022 - 07:13
share

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masalah kesehatan mulut, termasuk sakit pada gigi dan, gusi sebaiknya tidak diabaikan. Terkadang, gangguan kesehatan tersebut bisa menjadi peringatan mengenai kondisi di bagian tubuh lain. Itu sebabnya memantau kesehatan gigi dianggap sangat penting.

Berkunjung ke dokter gigi dapat menjadi garis pertahanan pertama dalam menemukan gejala masalah kesehatan yang lebih luas di seluruh tubuh. Berikut sembilan tanda bahaya yang patut menjadi perhatian, seperti dikutip dari laman Mirror , Sabtu (4/6).
- Penyakit gusi bisa menandakan diabetes
Dokter gigi dari Bupa Dental Care, Neil Sikka, menyebutkan sudah banyak bukti penelitian bahwa pengidap diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit gusi.
"Dokter gigi tidak hanya mencari masalah yang dapat dilihat secara fisik, mereka juga dilatih untuk mengidentifikasi bau yang berasal dari gigi dan gusi. Aroma buah pir sering mengindikasikan diabetes yang tak terkontrol," ujar Sikka.
- Plak berlebih peringatan soal kondisi paru-paru
Jika mulut mengandung banyak plak, bakterinya berpotensi menyebar ke paru-paru. Kondisi demikian menyebabkan infeksi atau memperburuk kondisi yang ada seperti emfisema dan penyakit paru obstruktif kronik. Sikka menganjurkan pasien yang merasa di mulutnya ada banyak plak untuk segera berkonsultasi dengan dokter.
- Masalah enamel menandakan bulimia
Dokter gigi sering dapat mengetahui apakah seseorang mengidap bulimia dengan cara mengecek enamel gigi mereka. Menipisnya enamel dan terdeteksinya pola keausan gigi tertentu lazimnya dapat disebabkan oleh muntah berulang. "Muntahan mengandung asam lambung, yang bersifat korosif dan cukup kuat untuk mengikis email yang melindungi gigi," ungkap Sikka.
- Bercak putih di lidah tanda awal kanker
Bercak putih atau bintik-bintik di lidah bisa mengindikasikan infeksi jamur, seperti sariawan. Kondisi itu tidak berbahaya dan dapat dengan mudah diobati dengan gel mulut dari apotek. Namun, jika area putih di lidah itu keras, rata, dan tidak dapat dihilangkan, itu bisa jadi adalah leukoplakia, yang merupakan tanda awal kanker.
Topik Menarik