Cegah Masalah Pemilu di Bali, Bawaslu RI Minta Jajarannya Ini

Cegah Masalah Pemilu di Bali, Bawaslu RI Minta Jajarannya Ini

Nasional | genpi.co | Sabtu, 4 Juni 2022 - 04:00
share

GenPI.co Bali - Seluruh jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) diminta melakukan suatu aksi pencegahan agar bisa meminimalisir adanya masalah Pemilu 2024 mendatang, khususnya di Bali.

Lembaga khusus mengawasi pesta demokrasi di Tanah Air tersebut meminta segenap anggotanya untuk mengutamakan unsur pencegahan sembari mengawasi.

"Evaluasi pemuktahiran daftar pemilih berkelanjutan (DPB) ini merupakan salah satu bagian dari pencegahan yang dilakukan Bawaslu," kata anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (02/06/22).

Ia menambahkan evaluasi pemutakhiran berkelanjutan bertujuan untuk memastikan validitas data daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu RI ini menekankan prioritas utama Bawaslu sekarang adalah memperkuat pencegahan.

"Kita harus mengutamakan pencegahan sebagai upaya awal untuk meminimalisasi terjadinya permasalahan terkait kepemiluan nanti," ucapnya.

Selain itu, katanya, harus memperkuat partisipasi masyarakat dan memastikan bahwa informasi yang tersebar di masyarakat merupakan informasi valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ketua Bawaslu Bali Ketut Ariyani mengatakan proses pengawasan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan sudah berjalan usai Pilkada Serentak 2020.

Ariyani mengatakan jajarannya telah melakukan uji petik untuk memverifikasi secara faktual data pemilih berkelanjutan yang telah dihasilkan KPU kabupaten/kota.

Dalam kesempatan itu, Ariyani didampingi empat komisioner lainnya, yakni I Wayan Widyardana Putra, I Wayan Wirka, I Ketut Rudia, dan I Ketut Sunadra, serta Kepala Sekretariat Bawaslu Bali Ida Bagus Putu Adinatha

Selain Lolly dan Komisioner Bawaslu Bali, hadir dalam acara tersebut anggota KPU Bali I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya beserta Ketua dan Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu kabupaten/kota se-Bali.

Upaya Bawaslu RI meminta jajarannya turut serta lakukan pencegahan masalah Pemilu 2024 sejatinya merupakan persiapan dini demi masa depan Indonesia yang lebih baik lagi. (Ant)

Tonton Video viral berikut:

Topik Menarik