Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha pada 9 Juli 2022

Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha pada 9 Juli 2022

Nasional | reqnews.com | Jum'at, 3 Juni 2022 - 02:26
share

JAKARTA, REQnews - Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 10 Zulhijjah 1443 Hijriyah akan bertepatan dengan 9 Juli 2022, berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal.

Pakar Falak Muhammadiyah Oman Fathurrahman mengatakan, penetapan itu disampaikan melalui hasil hisab bulan Zulhijjah 1443 H.

"Hisabnya hisab hakiki, dan kriterianya menggunakan wujudul hilal," kata Oman, seperti dikutip dari Republika , Kamis 2 Juni.

Ia menjelaskan, hisab hakiki adalah merujuk gerak faktual bulan di langit, sehingga bermula dan berakhirnya bulan qomariah didasarkan kedudukan atau perjalanan bulan tersebut.

Hisab hakiki digunakan karena perhitungan terhadap peredaran bulan dan matahari harus benar dan tepat, berdasarkan kondisi bulan dan matahari saat itu.

Lebih lanjut, Oman menuturkan bahwa Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki dengan kriteria wujudul hilal, yang artinya matahari terbenam lebih dahulu daripada bulan meski hanya berjarak satu menit atau kurang.

Dengan hisab hakiki kriteria wujudul hilal ini, bulan qomariah baru dimulai jika pada hari ke-29 berjalan saat matahari terbenam terpenuhi tiga syarat secara kumulatif.

Lebih rinci, Oman berkata telah terjadi ijtimak atau konjungsi Bumi, Matahari dan Bulan berada di posisi bujur langit yang sama dengan pengamatan dari Bumi. Kedua, ijtimak terjadi sebelum matahari terbenam.

Ketiga, pada saat matahari terbenam, bulan masih di atas ufuk. Bila salah satu dari tiga tidak terpenuhi, maka bulan berjalan digenapkan tiga puluh hari dan bulan baru dimulai lusa.

"Pada Rabu legi, 29 Zulkaidah 1443 H bertepatan dengan 29 Juni 2022, ijtimak jelang Zulhijjah 1443 H terjadi pada pukul 09.55.07 WIB. Hilal sudah wujud, dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam itu bulan berada di atas ufuk," ujarnya.

Topik Menarik