Kota Surabaya Jadi Titik Utama Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022

Kota Surabaya Jadi Titik Utama Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022

Nasional | jawapos | Rabu, 1 Juni 2022 - 17:19
share

JawaPos.com Wali Kota Surabaya mengaku bangga karena Kota Pahlawan itu menjadi titik utama kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022. Yakni berupanapak tilas perdagangan komoditas rempah pada masa lampau.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah mulai 1 Juni hingga 2 Juli. Kegiatan pelayaran yang diikuti para pemuda pemudi terpilih dari 34 provinsi di Indonesia atau Laskar Rempah tersebut sudah direncanakan sejak 2021. Namun, sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Ini menjadi kebanggaan kami. Karena Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 juga melewati Surabaya, kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Rabu (1/6).

Laskar Rempah telah mengikuti serangkaian kegiatan pembekalan sebelum berlayar menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci. Yakni kapal latih TNI Angkatan Laut (AL) untuk melakukan napak tilas jalur rempah nusantara.

Para Laskar Rempah yang diberangkatkan di Dermaga Madura Tengah Koarmada II Surabaya pada Rabu (1/6) akan berlayar di atas KRI Dewaruci menelusuri titik-titik jalur rempah nusantara mulai dari Surabaya, kemudian Makassar, berlanjut ke Baubau dan Buton, lalu ke Ternate dan Tidore, serta selanjutnya ke Banda Neiradan Kupang.

Eri mengatakan, banyak budaya di Indonesia karena perdagangan. Mereka datang ke nusantara karena kekayaan rempah yang dimiliki bangsa Indonesia saat itu. Hal tersebut berakibat munculnya jalur rempah yang menarik banyak suku bangsa lain datang.

Hal ini menyebabkan adanya lintas perdagangan, sehingga budaya itu berkembang dari nusantara, seperti dari Tiongkok dan India yang datang untuk berdagang di Surabaya, terang Eri.

Melalui Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022, wali kota mengingatkan, Kota Pahlawan memiliki sejarah penting.

Dia menambahkan, sebelum berangkat berlayar, para Laskar Rempah diajak jalan-jalan dan menghadiri peresmian Wisata Air Kalimas Reborn di Monkasel Surabaya. Sekaligus menikmati destinasi wisata air di Kota Surabaya pada Selasa (31/5) malam.

Kemarin, mereka kami ajak jalan-jalan menyusuri Sungai Kalimas mulai dari Monkasel hingga Siola. Harapan saya, bisa disebarluaskan bahwa Surabaya memiliki destinasi wisata air serta wisata Sungai Kalimas. Ini juga akan dijadikan jalur transportasi air untuk menghubungkan setiap sudut Kota Surabaya, papar Eri.

Total anggota Laskar Rempah yang mengikuti Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 tercatat149 orang yang dibagi dalam empat titik pergantian pelayaran. Titik pertama atau Batc Lada adalah 35 Laskar Rempah yang diberangkatkan dari Kota Surabaya ke Kota Makassar. Titik kedua atau Batc Cengkeh adalah 37 Laskar Rempah yang berangkat dari Kota Makassar menuju Pulau Bau-Bau Buton menuju Kota Ternate.

Titik ketiga atau Batc Pala adalah 38 Laskar Rempah yang berangkat dari Kota Ternate menuju Pulau Tidore, lalu ke Pulau Banda, dan Kota Kupang. Titik keempat atau Batc Cendana adalah 39 Laskar Rempah yang diberangkatkan dari Kota Kupang menuju Kota Surabaya.

Topik Menarik