Cegah Kebocoran Data di Indonesia, Ini Cara Johnny G Plate

Cegah Kebocoran Data di Indonesia, Ini Cara Johnny G Plate

Nasional | genpi.co | Rabu, 1 Juni 2022 - 16:27
share

GenPI.co - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan pemerintah berkomitmen kuat dalam melindungi data pribadi warga negara.

Oleh karena itu, berbagai macam langkah dilakukan untuk mencegah kebocoran data.

Johnny menjelaskan langkah pencegahan jangka panjang melalui literasi digital, sedangkan dalam jangka pendek dengan penerapan regulasi.

Kementerian Kominfo mengambil kebijakan atau menyiapkan program yang dinamakan program literasi digital tingkat dasar melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), ucapmya dalam acara virtual Asia Tech x Summit Singapore 2022: Technology, Society and The Role of Policy, Selasa (31/05)

Dia mengatakan pelaksanaan program GNLD tersebut nantinya akan menjangkau seluruh masyarakat Indonesia.

Selain itu, program itu akan memberikan pelatihan dan bekal empat kurikulum dasar, yakni digital skills, digital ethics, digital safety, dan digital culture.

"Itu langkah-langkah yang diambil untuk jangka yang panjang, disamping tentu regulasi-regulasi yang kita siapkan. Tapi, untuk jangka yang pendek kita harus mempunyai model, sistem, dan pilihan teknologi enkripsi yang kuat," ucapnya.

Johnny mengatakan pencegahan kebocoran data di Indonesia telah diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019.

Peraturan itu tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSE) serta Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

"PP 71 sudah mengatur bahwa yang bertanggung jawab terhadap data pribadi masyarakat adalah Penyelenggara Sistem Elektronik, baik itu Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) privat atau swasta maupun publik," ucapnya. (Ant)

Jangan lewatkan video populer ini:

Topik Menarik