Kemenpan-RB Resmikan Mal Pelayanan Publik HSS

Kemenpan-RB Resmikan Mal Pelayanan Publik HSS

Nasional | apahabar.com | Rabu, 1 Juni 2022 - 13:38
share

apahabar.com, KANDANGAN Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) melakukan grand launching Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berlokasi di Lantai 3 Pasar Los Batu Kandangan.

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Diah Natalisa bersama Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor, dan Bupati HSS Achmad Fikry meresmikan MPP dengan penyentuhan layar video wall serta peninjauan lokasi.

Grand launching MPP HSS merupakan ke-58 di Indonesia dan ketiga di Kalsel setelah Kabupaten Tabalong dan Kota Banjarbaru yang lebih dulu beroperasi.

Berdasarkan peraturan presiden (Perpres) 89 tahun 2021, MPP adalah pengintegrasian pelayanan publik yang diberikan oleh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, serta swasta secara terpadu pada satu tempat sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan, dan keamanan.

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Diah Natalisa mengapresiasi Pemkab HSS yang sudah terlibat sehingga terbentuknya MPP.

Kehadiran MPP di Kabupaten HSS diharapkan dapat mendorong kemudahan berusaha dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi serta memberikan kebahagiaan kepada warga HSS, kata Diah Natalisa, Selasa (31/5) kemarin.

Berbagai prestasi yang cukup membanggakan telah diraih Kabupaten HSS, hal tersebut menunjukkan komitmen tinggi dari kepala daerah dan kerja tim solid dari jajaran Pemkab HSS untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel dan pelayanan publik yang prima.

MPP merupakan salah satu wujud dari reformasi birokrasi yang bertujuan menyederhanakan proses kerja dan berorientasi pada pelayanan, ucapnya.

Diah Natalisa menjelaskan, keunggulan MPP Kabupaten HSS berada di lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau masyarakat yaitu di Pasar Los Batu Kandangan.

Konsepnya open space memberikan kenyamanan bagi pengunjung, dilengkapi mini cafe, pojok baca serta tempat ramah anak yang nyaman dapat dinikmati warga.

Ke depan diharapkan MPP HSS dapat memberikan pelayanan secara konsisten dan berkelanjutan, meningkatkan koordinasi dengan lintas instansi.

Sehingga semakin banyak jenis layanan yang diberikan sesuai kebutuhan masyarakat, imbuhnya.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan MPP merupakan bentuk terobosan baru dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang dapat memberikan percepatan pelayanan sekaligus berupaya mengubah pola pikir ego perangkat daerah menjadi kerja bersama.

Pada era digitalisasi saat ini dapat memberikan pengaruh besar untuk mensinergikan program pemerintah khususnya di Kabupaten HSS, terang Bupati Fikry.

MPP Kabupaten HSS menyediakan 129 jenis layanan yang diberikan oleh 18 instansi untuk melayani seluruh penduduk Bumi Rakat Mufakat yang berjumlah sekitar 241.000 jiwa.

Hadir dalam grand launching, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sangat bangga dan mengapresiasi jajaran Pemkab HSS yang terus melakukan inovasi maupun terobosan di sektor pelayan publik secara berkelanjutan.

Sahbirin Noor mendorong agar kabupaten/kota di Kalsel yang belum mempunyai MPP untuk segera merealisasikannya. Pasalnya, RPJMD Provinsi Kalsel tahun 2021-2026 menempatkan pelayan publik sebagai salah satu misi pembangunan sekaligus menjadi ruh penyelenggaraan pemerintahan.

MPP HSS

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Bupati HSS, dan Gubernur Kalsel secara resmi grand launching MPP ke-58 di Indonesia. Foto-Istimewa

Topik Menarik