Loading...
Loading…
Posko SAR Rusak Digerus Abrasi

Posko SAR Rusak Digerus Abrasi

Nasional | radarjogja | Senin, 30 Mei 2022 - 09:00

RADAR JOGJA Posko pantau Tim SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, di Pantai Krakal Ngestirejo, Tanjungsari rusak parah digerus abrasi. Sembari menunggu perbaikan dari instansi terkait, kini posko regu penyelamat nebeng ke lapak milik pedagang.

Koordintor SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan, posko pantau Tim SAR di Pantai Krakal rusak akibat gempuran gelombang pasang yang mengakibatkan abrasi belum lama ini. Karena dikhawatirkan membahayakan keselamatan anggota, posko tersebut sekarang dikosongkan.

Untuk petugas jaga di Pantai Krakal, personil kami ada enam orang, nanti biar nebeng dulu di warung-warung masyarakat karena kondisi pos sudah tidak layak dihuni dan sangat mengkhawatirkan sekali, kata Marjono saat dikonfirmasi kemarin (27/5).

Dia menjelaskan, posko pantau Krakal dibangun sejak 1999 dan ditempati untuk piket jaga pada tahun 2000. Marjono berharap, usulan perbaikan ke Pemkab Gunungkidul segera ditindaklanjuti. Pasca menerima laporan, pihak terkait telah melakukan pemantauan di lapangan.Semoga segera terealisasi. Posko ini setiap akhir pekan atau libur sering digunakan untuk posko gabungan SAR Satlinmas bersama TNI dan Polri untuk memantau wisatawan yang datang mencapai ribuan orang, ujarnya.

Kapolsek Tepus AKP Wawan Anggoro mengungkapkan, demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan sekitar posko pantau SAR Satlinmas dipasang garis polisi. Menurutnya dampak abrasi terhadap pos pantau sangat membahayakan.Kami melihat kondisi pos pantau SAR Krakal tidak memungkinkan untuk ditempati, kata Wawan Anggoro.

Karena itu, bersama tim SAR memasang police line agar wisatawan tidak mendekat. Pihaknya khawatir, jika tidak dipasang garis polisi ketidaktahuan bahaya dari pengunjung bisa berakibat fatal.Dikhawatirkan ambruk dan menimpa wisatawan, ujarnya. (gun/din)

Original Source

Topik Menarik