Loading...
Loading…
Keluarga RK: Eril Bisa Berenang, Punya Sertifikat Diving-Kemampuan Ukur Arus

Keluarga RK: Eril Bisa Berenang, Punya Sertifikat Diving-Kemampuan Ukur Arus

Nasional | bukamatanews | Sabtu, 28 Mei 2022 - 20:35

BUKAMATA - Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, diketahui hanyut di Sungai Aare, Swiss pada Kamis (26/5/2022).

Perwakilan Keluarga Gubernur Jawa Barat, Elpi Nazmuzzaman, menceritakan kesiapan Eril sebelum masuk ke sungai tersebut, termasuk bisa berenang dan punya sertifikat diving.

"Kalau dari sisi kesiapan, Eril ini adalah termasuk pemuda yang rajin olahraga, beliau bisa berenang," kata Elpi, Sabtu (28/5/2022).

Elpi melanjutkan kemampuan Eril bukan hanya berenang, melainkan juga diving. Hal itu terbukti dari sertifikat diving yang dimiliki Eril.

"Beliau juga punya sertifikat diving. Jadi punya kemampuan untuk menilai dan mengukur arus," kata Elpi.

Survei Titik Aman Sungai Sebelum Renang

Elpi memastikan bahwa kondisi fisik dan mental Emmeril Kahn Mumtadz dalam keadaan siap sebelum memutuskan berenang di Sungai Aare, Swiss, Kamis pekan ini.

Elpi menyampaikan sebelum memutuskan turun dan berenang, Eril terlebih dahulu mencari titik tepian sungai yang sekiranya aman untuk aktivitas renang.

Informasi dari pihak keluarga yang berada di Swiss, Eril bahkan mencoret titik renang di sekitar jembatan yang ada si sungai tersebut.

Baca Juga :
Terseret Arus Hingga 3,2 Km Jenazah Eril Ditemukan di Engehalde

Padahal, kemungkinan spot itu menjadi yang menarik untuk aktivitas renang dan melompat dari ketinggian untuk terjun ke sungai.

"Karena kalau lihat yang lain pengennya loncat dari jembatan, ini dianggap tidak aman. Dan dipastikan titik turunnya adalah itu turun yang ada tangga, jadi itu sudah dilakukan survei beberapa titik, jadi tidak langsung," kata Elpi.

Bukan hanya melakukan survei terhadap titik yang aman, Eril bahkan mengatur siapa-siapa saja yang kemudian dianggap layak untuk berenang di lokasi tersebut.

"Jadi, Eril mengatur hanya yang boleh turun itu tiga orang karena beliau melihat kesiapan begitu," kata Elpi.

Elpi mengatakan, semua itu dilakukan Eril mengingat sosok keponakan itu merupakan pribadi yang bertanggung jawab.

Karenanya tentu, diyakini Elpi, sebelum melakukan suatu tindakan, Eril terlebih dahulu memikirkannya dengan matang.

"Jadi poinnya adalah secara fisik, mental siap, secara lokasi sudah dipastikan safety. Tetapi mungkin ada sesuatu hal yang di luar ukuran manusia," kata Elpi.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{