AS Roma Jadi Juara Perdana UEFA Conference League

AS Roma Jadi Juara Perdana UEFA Conference League

Nasional | telisik.id | Kamis, 26 Mei 2022 - 11:12
share

ROMA, TELISIK.ID -Setelah melalui perjuangan cukup panjang, AS Roma berhasil meraih kemenangannya dengan menjadi juara UEFA Conference League.

Dikutip dari Bola.net, UEFA Conference League mendapatkan pemenang perdananya pada Kamis (26/5/2022) dini hari WIB, yakni AS Roma.

Partai final yang digelar di Air Albania Stadium berhasil dimenangkanAS Romadengan skor tipis 0-1 atas Feyenoord.

Gol tunggal yang diraih AS Roma itu didapatkan pada menit ke-32, Giallorossi mencetak gol lewat aksi Nicolo Zaniolo. Pemain berumur 22 tahun tersebut menunjukkan reaksi yang cepat setelah menerima umpan dari Gianluca Mancini untuk membawa Roma unggul.

Melansir indosport.com, torehan gelar UEFA Conference League ini juga menghadirkan sejarah baru bagi AS Roma. Pasalnya, ini kali pertama mereka meraih gelar di kompetisi Eropa besutan UEFA.

Sebelumnya, prestasi terbaik Giallorossi - julukan AS Roma, di ajang UEFA adalah menjadi runner up Piala Eropa 1984 dan Piala UEFA 1991.

Namun, jika dihitung dari kompetisi internasional secara keseluruhan, ini menjadi gelar kedua setelah Piala Inter-Cities Fairs pada 1960/1961.

Keberhasilan membawa AS Roma menjuarai UEFA Conference League 2021/2022 sekaligus menjadi tim pertama yang memenangkan trofi tersebut sepanjang sejarah, menghadirkan rekor baru bagi Pelatih AS Roma, Jose Mourinho.

Pasalnya, pria Portugal kini menjadi pelatih pertama yang berhasil memenangkan 3 kompetisi Antarklub Eropa yang berbeda yakni Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Topik Menarik