Maybank Indonesia Raih Penghargaan Best Retail Bank Di Ajang Bergengsi Digital CX Award

Maybank Indonesia Raih Penghargaan Best Retail Bank Di Ajang Bergengsi Digital CX Award

Nasional | gatra.com | Rabu, 25 Mei 2022 - 18:31
share

Jakarta, Gatra.com Penyelenggaraan ajang Internasional Digital CX Awards ke-empat tahun 2022 yang digelar Digital Banker, kembali menganugerahkan kepada PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia atau Bank) sebagai Best Retail Bank for Digital CX Indonesia pada April 2022 lalu. Sebelumnya, Maybank Indonesia juga meraih penghargaan sebagai Best Digital Bank Indonesia pada ajang penghargaan Digital CX Awards pada tahun 2020 lalu.

Proses seleksi penghargaan Digital CX Awards meliputi beberapa kriteria, di antaranya, analisa keuangan, penetrasi pasar, cakupan layanan di tingkat global/regional, portfolio digital, jumlah pengguna aktif dan baru, serta pertumbuhan channel digital, inovasi yang dihadirkan dan beberapa kriteria lainnya.

Penghargaan Best Retail Bank for Digital CX Indonesia dari Digital CX Awards dianugerahkan kepada Maybank Indonesia atas dasar komitmen Bank dalam menyediakan sarana perbankan digital M2U (App dan Web) yang memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan serta menerapkan berbagai transformasi secara berkelanjutan guna mendukung upaya digitalisasi di Maybank Indonesia. Selain itu pengembangan dan inovasi yang diterapkan pada M2U telah berkontribusi pada bisnis retail banking Maybank Indonesia secara keseluruhan.

Chief Strategy, Transformation, & Digital Officer Maybank Indonesia, Michel Hamilton mengatakan Kami bangga atas penghargaan yang diberikan Digital CX Awards 2022 kepada Maybank Indonesia. Sejak 1998 Bank telah berupaya secara terus menurus berinovasi dalam menyediakan solusi perbankan yang relevan dan personal, menciptakan pengalaman perbankan nasabah yang semakin mudah, cepat, namun sederhana, nyaman, serta aman, sejalan dengan misi Bank yaitu, Humanising Financial Services.

Pada kuartal pertama 2022, Bank mencatat peningkatan transaksi melalui platform M2U mencapai 14,3% menjadi sekitar 4,1 juta transaksi dari 3,6 juta lebih transaksi tahun sebelumnya. Demikian juga, nilai transaksi melalui M2U tercatat naik 23,0% menjadi Rp21,94 triliun, dari Rp17,84 triliun tahun sebelumnya, serta pertumbuhan akuisisi nasabah baru pun meningkat hingga 500% melalui platform digital tersebut.Pertumbuhan transaksi maupun akuisisi nasabah tersebut telah menyumbang pendanaan ritel Bank melalui platform digital sebesar 24,3% menjadi lebih dari Rp5,19 triliun.

Nasabah selalu menjadi fokus utama strategi Maybank Indonesia, dengan demikian, kami akan selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan dan menjawab setiap tantangan maupun permasalahan nasabah yang merupakan faktor penggerak atau inisiasiator pengembangan solusi layanan digital kami, tambah Michel.

Dari segi pengembangan, Maybank Indonesia telah meluncurkan beberapa fitur baru untuk meningkatkan layanan digital banking M2U dengan fitur Digital Wealth pada kuartal pertama 2022. Fitur ini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk memantau dan mengelola seluruh portofolio keuangannya mulai dari simpanan, pinjaman, dan investasi serta mendukung nasabah dalam mengatur portofolio keuangannyamelalui fitur Perencanaan Keuangan.

Di sepanjang kuartal pertama 2022, jumlah nasabah yang tergabung ke Maybank Indonesia melalui platform digital serta penggunaannya yang telah meningkat secara signifikan sebesar lebih dari 30% YoY. Sementara, penetrasi penjualan produk wealth seperti Reksa Dana melalui M2U juga tumbuh lebih dari 85% dari total penjualan Bankwide, menjadikan M2U sebagai solusi pilihan untuk akuisisi produk wealth.

Selain itu, Bank juga telah meluncurkan fitur portofolio Reksa Dana, guna memudahkan nasabah dalam mengelola portofolio Reksa Dana melalui M2U, dan fitur Foreign Currency Transfer Fund atau transaksitransfer dalam mata uang asing dengan nominal lebih dari USD 25.000, menggunakan dokumen transaksiunderlying sesuai peraturan yang dapat diakses melalui M2U.

Prestasi Maybank Indonesia dalam meraih penghargaan Best Retail Bank for Digital CX Indonesia telahmelengkapi pencapaian penghargaan yang diterima Bank sebelumnya, antara lain Worlds Best ConsumerDigital Bank pada tahun 2020 dari Global Finance, Best Digital Bank Indonesia tahun 2020 dari DigitalBanker serta Indonesias Most Popular Digital Finance Brands (Millenials Choice) dari Iconomics.

Digital XC Awards merupakan ajang penghargaan persembahan dari Digital Banker, sebuah mediapublikasi dan riset industri perbankan asal Singapura yang memberikan pengakuan terhadap inovasi fiturdigital di seluruh ekosistem layanan keuangan serta mengakomodasi kebutuhan nasabah, mendukung pengembangan perekonomian digital masa kini. Di samping itu, Digital XC Awards jugamempertimbangkan aspek penciptaan model bisnis baru disertai dengan customer journey di sektorkeuangan.

Sebanyak lebih dari 600 formulir keikutsertaan dari 127 organisasi industri keuangan di seluruh duniapada ajang penghargaan Digital CX Awards tahun 2022 dengan beberapa juri ternama yang terlibat dariperusahaan ternama seperti, Alla Gancz (Partner) Capco Digital UK, Frederick Giron (VP, ResearchDirector) Forrester, Tom Mouhsain (Principal Analyst, Customer Experience) APAC Forrester, Ho Kok Yong(Financial Services Industry Leader) Deloitte Southeast Asia, serta John Dovaston (Asia Pacific Financial
Services Leader) PWC.

Topik Menarik