UAS Disebut Ustaz Radikal, Husin Alwi: Jika Ada Bukti Permulaan Bisa Diciduk Densus 88 Seperti Munarman

UAS Disebut Ustaz Radikal, Husin Alwi: Jika Ada Bukti Permulaan Bisa Diciduk Densus 88 Seperti Munarman

Nasional | radartegal | Rabu, 25 Mei 2022 - 06:00
share

Husin Alwi Shihab mengatakanorang yang mengundang Ustaz Abdul Somad (UAS) halal bilhalal di Sumenep, Madura, diduga terafiliasi dengan HTI dan FPI. Yakni dua ormas Islam yang telah dibubarkan pemerintah.

"Masjid Nur Muhammad ini yang juga mengundang residivis Sugik Nur, HH untuk ceramah di masjidnya. Masjid Nur Muhammad ini juga diduga berafiliasi dengan HTI FPI," katanya melalui akun Twitter-nya, Selasa (24/5).

Mantan kader PSI itulebih lanjut menuding bahwa pengurus masjid tersebut adalah oknum Muhammadiyah."Mayoritas pengurus masjid ini didominasi oleh oknum dari Muhammadiyah yang selalu membangun sentimen di kalangan Nadliyin di Sumenep."

"Ngundang UAS merupakan bagian dari misi mereka. Saya jg menduga pelopor UAS keliling di Ponpes di Madura itu berafiliasi dengan HTI FPI," kata Husin Alwi Shihab.

UAS sukses melakukan tablig akbar di Sumenep dengan dihadiri ribuan warga. Baik dari kalangan santri dan masyarakat biasa. Padahal sebelumnya muncul wacana demonstrasi penolakan UAS oleh kelompok yang mengatasnamakan santri Madura.

Lebih lanjut Husin Alwi memastikan bahwa Sumenep ada paham radikal. Sama seperti di tempat-tempat lain. Namun begitu, Husin Alwi enggan menuding warga Sumenep radikal. Dia hanya menegaskan bahwa UAS ustaz radikal.

"Apakah di Sumenep gak ada yang menganut paham Radikal? Ya pasti ada, semua tempat ada, bahkan di tempat mayoritas non-muslim juga ada radikalis. Apalagi di Sumenep. Tapi apakah warga Sumenep semua radikal, itu yg bilang media abal-abal, bukan saya. Tapi apa UAS radikalis? Iya," ungkapanya.

Dia berujar, bahwa yang jadi masalah yaitu di Indonesia tidak hukum yang bisa menertibkan Ustaz-ustaz radikal. Tetapi dia yakin, UAS bisa ditangkap jika ada bukti terlibat tindakan terorisme.

"Yang jadi problem saat ini di Indonesia ustad radikalis tidak dapat ditindak secara hukum. Namun apabila ada bukti permulaan UAS dalam ceramahnya ada afiliasi dengan terorisme atau seperti contoh kasus Munarman dan dokter Sunardi, UAS uda pasti diciduk oleh Densus 88," kata Husin Alwi.

"Jadi kalau masih ada yang percaya dengan UAS atau ada yg bela UAS saya duga itu bagian dari upaya mereka menegakkan Negara Syariah seperti kemauan HRS dkk. Demi NKRI saya akan lawan mereka semua. Akidah saya, Hubbul Wathon Minal Iman!" tegas dia. (fin/zul)

Topik Menarik