5 Buah dengan Indeks Glikemik Rendah, Cocok untuk Pengidap Diabetes

5 Buah dengan Indeks Glikemik Rendah, Cocok untuk Pengidap Diabetes

Nasional | republika | Senin, 23 Mei 2022 - 15:19
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengidap diabetes sering dihadapkan pada perdebatan boleh atau tidaknya makan buah manis yang mengandung gula alami atau fruktosa. Meskipun lebih aman dibandingkan bentuk gula dan pemanis buatan yang disempurnakan, fruktosa yang berlebihan juga bisa meningkatkan kadar gula darah yang bisa merugikan diabetesi.

Pengidap diabetes disarankan untuk memilih buah-buahan dengan indeks glikemik rendah. Untuk pengidap diabetes, baik tipe-1 maupun tipe-2, gula adalah komponen pertama yang diperingatkan oleh ahli gizi untuk dihindari. Namun ketika topik yang dibahas adalah buah-buahan untuk pasien diabetes, perdebatan dipusatkan pada indeks glikemik, kadar fruktosa, dan kontrol porsi.

Ahli gizi sekaligus pendiri dan CEO NmamiLife, Nmami Agarwal, mengungkap beberapa buah-buahan yang dinilai paling sehat dan paling aman berdasarkan skor glikemiknya. Berikut uraiannya, seperti dilansir Times Now News , Senin (23/5/2022).

1. Persik ( peach )
Persik yang manis dan berair adalah salah satu buah pilihan terbaik untuk diet ramah diabetes. Indeks glikemik pada satu buah persik berukuran sedang adalah sekitar 42, yang berarti tidak membahayakan kadar gula dan insulin penderita diabetes.

Buah ini juga cukup mengenyangkan sehingga cocok dikonsumsi saat diet. Selain itu, buah persik mengandung banyak nutrisi sehat, seperti potasium, serat, dan vitamin A dan C.

2. Ceri
Buah ceri sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat yang menurunkan metabolisme gula dalam tubuh serta menyelamatkan dari lonjakan kadar gula darah. Skor indeks glikemik ceri sangat rendah, yaitu hanya 20, yang berarti tidak akan membuat peningkatan pesat dalam kadar gula darah.

3. Plum
Plum terkenal bisa mengontrol kadar gula darah. Selain serat dan antioksidan, plum mengandung vitamin dan mineral yang sangat rendah kalori. Selain itu, skor indeks glikemik plum adalah 40 yang menjadikannya pilihan yang luar biasa bagi mereka yang menderita diabetes.

Topik Menarik