Loading...
Loading…
"Innalillahi wa innailaihi rojiun, Eks Jubir Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto Meninggal Dunia

"Innalillahi wa innailaihi rojiun, Eks Jubir Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto Meninggal Dunia

Powered by bukamatanews
Nasional | Buka Mata News | Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:50

BUKAMATA - Eks juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, meninggal dunia.

Kabar ini dikonfirmasi Jubir Kemenkes untuk Presidensi G20, Siti Nadia Tarmizi. "Iya, wafat jam 18.58," kata Siti Nadia saat dikonfirmasi, Sabtu (21/5/2022).

Pria yang akrab disapa Yuri itu sempat dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta karena menderita kanker usus lalu menderita stroke. Kemudian, keluarga memutuskan untuk membawanya ke Malang agar dirawat di kampung halaman didampingi keluarga.

Yuri dibawa ke Malang pada 19 Mei yang lalu. Ia menjalani perawatan lanjutan di RSUD Malang.

"Meninggal di Malang dan keluarga di sana. Sempat [dirawat] di RSPAD," ujar Siti Nadia. "Mohon doa dan dimaafkan, ya," pungkasnya.

Yuri mulai dikenal masyarakat ketika pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia pada Maret 2020. Sebelumnya, Yuri merupakan Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Kemenkes. Posisi Dirjen P2P saat itu masih diemban Anung Sugihantono.

Ketika pandemi terdeteksi pada 2 Maret 2020, Presiden Jokowi langsung menunjuk Yuri sebagai jubir penanganan COVID-19. Yuri saat itu ternyata juga naik pangkat menjadi Dirjen P2P Kemenkes menggantikan Anung. Ia dilantik pada Senin (9/3/2020) oleh Menkes kala itu, Terawan Agus Putranto.

Baca Juga :
Satgas Jawa Timur Kehilangan Pahlawan di Era Pandemi Covid-19

Namun pada 21 Juli 2020, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan Yuri tak lagi jadi jubir. Posisinya digantikan Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito.

Original Source

Topik Menarik

{