Polres Lotim Bantu Peternak Sapi Cegah Penyebaran Virus PMK

Polres Lotim Bantu Peternak Sapi Cegah Penyebaran Virus PMK

Nasional | lombokpost | Sabtu, 21 Mei 2022 - 14:00
share

SELONG -Polres Lombok Timur turut aktif membantu penanganan dan pencegahan penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang meresahkan peternak. Jumat (20/5), Kapolres Lotim AKBP Herman Suriyono turun langsung memimpin pasukannya melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa kandang warga.

Kegiatan ini kita lakukan secara serentak di semua kandang ternak warga, kata Herman pada awak media.

Dijelaskan, upaya pencegahan berupa penyemprotan disinfektan tersebut akan terus dilakukan. Hal tersebut untuk memastikan pencegahan, sembari menunggu kedatangan vaksin PMK.

Penyemprotan sendiri difokuskan pada kandang hewan ternak yang belum terjangkit. Karena itu, pihaknya memastikan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah kemungkinan petugas penyemprot disinfektan menjadi pembawa virus.

Dalam kesempatan tersebut, Herman mengimbau kepada seluruh masyarakat peternak untuk tidak panik ketika ternaknya dijangkiti virus PMK. Ketika menemukan ternaknya yang terjangkit, segera berkoordinasi dengan petugas kepolisian terdekat, untuk kemudian kita sampaikan ke petugas di UPT, tuturnya.

Selain penyemprotan, Polres Lotim juga memastikan tidak adanya hewan ternak, yang bisa dijangkiti virus PMK, keluar atau pun masuk dari dan ke Lotim. Lalu lintas pengiriman dan penerimaan hewan ternak tersebut telah dijaga ketat di pintu masuk pelabuhan Kayangan. Kita jaga 24 jam, tegasnya. (tih/r5)

Topik Menarik