Instruksi Paman Birin: Regulasi sampai Katering Haji Kalsel Harus Matang

Instruksi Paman Birin: Regulasi sampai Katering Haji Kalsel Harus Matang

Nasional | apahabar.com | Jum'at, 20 Mei 2022 - 20:48
share

apahabar.com, BANJARBARU Tersisa waktu kurang dari satu bulan, kesiapan pelayanan terhadap calon jemaah haji asal Kalimantan Selatan (Kalsel) diatensi Sahbirin Noor.

Dua tahun absen memberangkatkan jemaah, Gubernur Kalsel meminta segala sesuatunya kini dipersiapkan hingga matang. Termasuk penyesuaian aturan terkait dengan pandemi yang masih belum sepenuhnya berakhir.

Hal tersebut diwanti-wanti Paman Birin, sapaan karib Sahbirin, dalam pidato tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Kalsel Roy Rizali Anwar, saat melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Banjarmasin Tahun 2022 di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Jumat (20/5).

Pelayanan penyelenggaraan ibadah haji adalah tugas nasional, ujarnya.

Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, yang melibatkan berbagai instansi dan pihak terkait lainnya.

Pelantikan PPIH ini pula menunjukkan kesiapan kita dalam penyelenggaraan ibadah haji, yang dalam dua tahun terakhir ini tidak bisa diberangkatkan karena pandemi Covid-19, ucap gubernur.

Gubernur juga mengharapkan semua proses pelaksanaan ibadah haji di embarkasi Banjarmasin, mulai dari keberangkatan hingga pemulangan, dapat berjalan secara tertib, lancar dan aman.

Selain itu, dia mewanti-wanti soal makanan yang akan disediakan bagi para jemaah calon haji.

Katering atau jasa makanan yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan, kata dia, senantiasa harus memperhatikan kecukupan gizi, sesuai standar penerbangan internasional jemaah.

Makanan yang disajikan harus mengandung vitamin, mineral dan karbohidrat yang cukup, sehingga menjadi sumber energi yang dapat mendukung bagi kelancaran dan kesempurnaan ibadah haji yang akan dilaksanakan, pintanya.

Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 1.743 orang jemaah dari Kalsel dan 736 orang dari Kalteng. Semua jemaah akan tergabung dalam 7 kloter. Diberangkatkan dengan Pesawat Garuda Indonesia jenis airbus 330 dengan kursi penumpang berjumlah 360.

Kloter pertama akan diberangkatkan 12 juni 2022, dan pada tanggal 11 Juni 2022 akan masuk asrama haji terlebih dahulu.

Dear Calon Haji Kalsel, Kloter 1 Masuk Asrama 11 Juni

Topik Menarik