Dear Calon Haji Kalsel, Kloter 1 Masuk Asrama 11 Juni

Dear Calon Haji Kalsel, Kloter 1 Masuk Asrama 11 Juni

Nasional | apahabar.com | Jum'at, 20 Mei 2022 - 20:35
share

apahabar.com, BANJARMASIN Kelompok terbang (kloter) pertama calon haji Kalimantan Selatan dijadwalkan mulai masuk asrama pada 11 Juni 2022.

Hasil pemantapan jadwal, untuk CJH [calon haji] dari embarkasi Banjarmasin ditetapkan kloter pertama akan masuk asrama pada 11 Juni 2022, dan berangkat pada 12 Juni 2022, ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel, usai pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Jumat (20/5) dilansir Antara .

Menurut dia, kloter pertama CJH Embarkasi Banjarmasin terdiri dari 356 orang dan 4 petugas kloter. Yakni, 1 orang ketua kloter, 1 orang pembimbing ibadah dan 2 orang petugas kesehatan.

Setelah itu, berlanjut ke kloter selanjutnya. Embarkasi Banjarmasin sendiri bakal menerbangkan sebanyak 7 kloter. Yaitu, 5 kloter dari Kalsel dan 2 kloter dari Kalimantan Tengah.

Tambrin pun meminta PPIH yang baru dilantik agar melayani para calon haji dengan sebaik-baiknya, mulai dari masuk asrama haji, berangkat hingga di tanah suci dan kembali ke Tanah Air.

Dia pun menginformasikan untuk pemondokan di Arab Saudi jemaah haji dari Embarkasi Banjarmasin berdasar sistem zonasi penempatan jamaah haji di Mekah tahun 2022, menempati wilayah Jarwal.

Sementara itu, untuk pelayanan transportasi untuk jemaah haji, kata Tambrin, berdasar hasil rapat pemantapan jadwal penerbangan, jemaah haji Embarkasi Banjarmasin akan dilayani Garuda Indonesia Airline menggunakan pesawat jenis Airbus 330 dengan seat penumpang berjumlah 360 orang.

Sedang untuk penyediaan katering di asrama haji telah dilakukan lelang terbuka melalui LPSE sejak April 2022.

Saat ini sudah proses gunning untuk selanjutnya penandatanganan kontrak, katanya.

Terkait pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BiPiH) tahun 2022 yang ditetapkan dari 9 Mei hingga 20 Mei 2022, diupayakan bisa memenuhi kuota, yakni sebanyak 1.743 orang.

Untuk sisa kuota yang tidak terpenuhi akan diisi jemaah haji cadangan yang telah melunasi BiPiH, sehingga dapat memenuhi kuota, tuturnya.

Selain memberikan pelayanan, kata Tambrin, Kanwil Kemenag Kalsel juga memberikan pembinaan kepada jemaah haji melalui manasik haji yang terdiri dari empat kali pertemuan pada tingkat KUA dan dua kali pertemuan pada tingkat kabupaten/kota.

Semua jemaah haji telah mendapatkan buku manasik dan akan melakukan praktik manasik haji di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, terangnya.

Topik Menarik