Abu Janda Minta UAS Ditertibkan karena Suka Menistakan Agama Kristen: Sudah Dicontohkan Singapura

Abu Janda Minta UAS Ditertibkan karena Suka Menistakan Agama Kristen: Sudah Dicontohkan Singapura

Nasional | wartaekonomi | Kamis, 19 Mei 2022 - 23:50
share

Pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda memberikan respon menohok menanggapi pernyataan resmi yang dikeluarkan terkait penolakan Ustaz Abdul Somad (UAS) dari Singapura.

Menteri Dalam Negeri Singapura atau MHA (Ministry of Home Affairs) akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi terkait alasan penolakan UAS ke negaranya. MHA membenarkan bahwa Ustaz Abdul Somad tiba bersama enam pendamping di Terminal Feri Tanah Merah, Singapura, pada Senin (16/5/2022) dari Batam.

Melalui halaman resmi MHA, Pemerintah Singapura membeberkan beberapa alasan mengenai penolakan Ustaz Abdul Somad beserta keluarganya yang hendak menemui sahabatnya di Singapura.

Pertama, menurut MHA, Ustaz Abdul Somad dikenal menyebarkan ajaran ekstremis dan segregasi, yang mana tidak dapat diterima di negara kalangan masyarakat multi-ras dan multi-agama, seperti Singapura.

"Misalnya, Ustaz Abdul Somad pernah memberikan materi khotbah bahwa bom bunuh diri adalah sah dalam konteks konflik Israel-Palestina dan menganggap hal itu sebagai operasi syahid," bunyi keterangan resmi dari MHA.

Alasan kedua, Ustaz Abdul Somad juga disebut pernah membuat komentar merendahkan anggota komunitas agama lain, seperti Kristen, dengan menggambarkan salib Kristen sebagai tempat tinggal "jin kafir". Ini tentu menjadi topik sensitif yang menyinggung banyak pihak non muslim, khususnya di Singapura.

Ketiga, MHA mengatakan bahwa Ustaz Abdul Somad secara terbuka kerap menyebut non muslim sebagai kafir. Perkataan ini membuatnya dianggap tidak bisa menerima dan menghargai keberagaman agama.

Terakhir MHA dalam keterangan di situs resminya juga mengatakan kalau Ustaz Abdul Somad berusaha masuk ke Singapura dengan berpura-pura melakukan kunjungan sosial.

Menanggapi hal itu, Abu Janda sampai menyebut Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi agar persoalan Ustaz Abdul Somad jadi perhatian serius.

"Berdasarkan rilis resmi, Abdul somad ditolak karena pernah menistakan agama Kristen. @jokowi @retno_marsudi @kemenlu_ri KBRI Singapura agar jadi atensi pemerintah Indonesia," kata Abu Janda melalui akun Instagram miliknya, Rabu (18/5/2022).

"Sangat tidak pantaslah jika negara bela penceramah intorelan penista agama," tambah Abu Janda.

Selain itu, Abu Janda juga menyebut akun Menteri Agama Gus Yaqut agar berani bertidak tegas dengan menerbitkan Ustaz Abdul Somad.

"Cc juga menag @gusyagut semoga @kemeng_ri bisa tertibkan pendakwah yang suka ceramah sambil menistakan agama orang lain. Sudah dicontohkan Singapura gus, Indonesia kapan?" papar Abu Janda.

Sontak saja tanggapan Abu Janda berhasil mematik perhatian warganet. Tak sedikit dari para warganet sependapat dengan pegiat media sosial tersebut.

"Ngisin-ngisini Indonesia," ujar akun @sesilia.patri**.

"Manusia kayak gitu jangan dikasih panggung," beber akun @sungsong**.

"Semoga jadi atensi bagi pendakwah-pendakwah yang lainnya," sahut akun @bernard.sila**.

"Harus secepatnya dilakukan sertifikasi penceramah biar nggak bikin malu negara dan jangan sampai hal seperti ini terulang lagi," timpal akun @suararakyat**.

Topik Menarik