Loading...
Loading…
Bahaya! IKN Nusantara Ternyata Rentan Kena Serangan Udara

Bahaya! IKN Nusantara Ternyata Rentan Kena Serangan Udara

Nasional | genpi.co | Kamis, 19 Mei 2022 - 19:15

GenPI.co - Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto mengaku pertahanan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) rentan terhadap serangan udara.

Menurut dia, wilayah Kalimantan Timur berbeda dengan DKI Jakarta, sehingga perlu ada penguatan pertahanan di sektor udara.

"IKN Nusantara secara geografis memiliki kerentanan tinggi terhadap ancaman eksternal, khususnya dari udara," ucap Andi di Kantor Lemhannas, Jakarta Pusat, Kamis (19/5).

Andi menjelaskan meski rentan terhadap serangan udara, bukan berarti kekuatan laut dan darat ditinggalkan.

Sebab, dia mengatakan struktur topografi IKN Nusantara mengharuskan sistem pertahanan darat lebih diarahkan terhadap mobilitas strategis.

"Jadi, tetap akan dilakukan gelar laut atau gelar darat. Tantangan terbesar ialah membentuk doktrin pertahanan ibu kota," jelasnya.

Menurut Andi, hal itu digunakan agar menegaskan pentingnya pertahanan lebih kuat untuk menjaga IKN Nusantara.

Selain itu, dia menekankan kekuatan dalam pertahanan di IKN Nusantara perlu mendapat perhatian serius dari berbagai pihak.

Menurut Andi, pihaknya akan lebih fokus menerapkan strategi khusus dalam mengoptimalkan kekuatan pertahanan agar lebih baik ke depannya.

Baca Juga :
IKN Nusantara Disebut Rentan Ancaman, Andika Perkasa Merespons Begini

"Tantangan terbesar ini harus segera disikapi untuk menggelar kekuatan darat, laut, dan udara yang mana peran utamanya bersifat airsentrik," imbuhnya.(*)

Heboh..! Coba simak video ini:

Original Source

Topik Menarik

{