Menikmati Kopi di Kopi Klotok Jogjakarta, Bonus Pemandangan Alam

Menikmati Kopi di Kopi Klotok Jogjakarta, Bonus Pemandangan Alam

Nasional | jawapos | Kamis, 19 Mei 2022 - 11:56
share

JawaPos.com Saat ini banyak tempat wisata di kawasan Jogjakarta yang menawarkan suasana santap santai sembari menikmati pemandangan alam. Tepatnya di Jalan Kaliurang, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta, ada salah satu tempat ngopi yang belakangan hits.

Tempat tersebut tak lain adalah Kopi Klotok. Di tempat tersebut, pengunjung bisa menikmati santap santai, ngopi-ngopi bonus pemandangan persawahan yang indah nan asri.

Saat libur panjang dan tanggal merah, Kopi Klotok selalu dipenuhi pengunjung. Tak terkecuali saat momen liburan Lebaran. Warung Kopi Klotok sendiri menghadirkan nuansa tradisional mirip seperti Rumah Joglo dilengkapi dengan perabot kayu dan perkakas antik.

Selain makan, ngopi, dan menikmati pemandangan alam, nuansa tradisional yang kental ini juga menarik perhatian pengunjung. Tak heran, di tempat ini mereka dapat menikmati hidangan makanan dan minuman yang langsung mengarah ke sawah dihiasi dengan tanaman-tanaman jagung, merasakan semilir angin beserta kicauan burung-burung.

Hidangan yang disediakan oleh Warung Kopi Klotok Jogja ini sangat beragam. Untuk masalah harga, tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau mulai dari Rp 5.000 Rp 11.500.

Untuk santap besar, tempat wisata yang lagi hits ini punya menu andalan sayur lodeh. Tak hanya satu, ada tiga lodeh sekaligus yakni lodeh terong, lodeh tempe, dan lodeh jipang.

Makin kental sajian tradisional rumahan, ada lauk telur dadar yang juga menjadi andalan warung kopi ini. Bagi yang senang pedas, sambalnya juga menggoda dan bikin perut keroncongan.

Bagi yang mengajak anak-anak, tak masalah. Selain berbagai menu sayur lodeh yang bersantan dan sedikit pedas, ada juga sayur sop bakso bening yang bisa disantap. Tak kalah enak, menu ini juga bisa dipilih dengan beberapa lauk oseng-oseng lainnya.

Untuk teman ngopi, pisang goreng Kopi Klotok juga wajib jadi pilihan. Karakter pisangnya garing di luar, namun empuk di dalam. Benar-benar pas untuk teman ngopi baik kopi hitam maupun kopi susu.

Suasana Warung Kopi Klotok, tempat nongkrong yang hits di Jogjakarta. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Selain itu, untuk minuman juga beragam seperti es teh, es jeruk, wedang jahe, dan salah satu minuman khas Warung Kopi Klotok yang berbeda dari tempat makan lainnya yaitu Kopi Hitam Klotok.

Saat kami datang, warung ini penuh sesak. Monggo, sugeng rawuh, kata staf Kopi Klotok menyambut dengan ramah para tamu.

Untuk mengambil makan besar yang digelar secara prasmanan, perlu sedikit usaha. Antre. Bikin kami penasaran, seperti apa rasanya. Seenak itu kah?

Untuk menu makan besar, rasanya memang layaknya makanan rumahan biasa. Bikin kangen masakan orang tua, masakan simbah. Yang kami suka dari Kopi Klotok adalah pisang gorengnya. Itu tadi, garing tapi lembut di dalam.

Bagi yang nggak suka ngopi, menu tehnya juga enak. Selain es teh, teh tubruknya juga segar. Kalau orang jawa bilang, wasgitel, yang merupakan akronim dari wangi, panas, sepet, legi (manis), dan kentel (pekat). Demikian rasa teh tubruknya yang kuat.

Bagi yang ingin datang kesini, lebih nyaman pada pagi hari. Karena menjelang siang mulai ramai. Namun begitu, jangan takut tidak dapat tempat parkir. Warga sekitar siap membantu mengarahkan lokasi parkir pengunjung.

Topik Menarik