Pengamat Berharap Koalisi Partai Golkar Tak Ingin Tunda Pemilu

Pengamat Berharap Koalisi Partai Golkar Tak Ingin Tunda Pemilu

Nasional | genpi.co | Rabu, 18 Mei 2022 - 21:55
share

GenPI.co - Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia Democratic Policy Satyo Purwanto merespons terbentuknya koalisi partai politik besutan Partai Golkar, PAN, dan PPP.

Seperti diketahui, Partai Golkar bersama PAN dan PPP membentuk Koalisi Indonesia Bersatu untuk Pemilu 2024.

Satyo, sapaan akrabnya berharap Koalisi Indonesia Bersatu tidak punya niat lagi untuk menunda pemilu.

"Semoga koalisi ini bukan kamuflase dan menjadi perubahan taktik dari para pengusung imajinasi gila yang ingin pemilu ditunda," ujar Satyo kepada GenPI.co, Selasa (17/5).

Satyo mengatakan, solidaritas koalisi itu sangat bergantung kepada Ketum partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Koalisi ini bertahan hingga masa pendaftaran capres dan cawapres jika Airlangga cukup tangguh mengamankan kursi Ketum Partai Golkar," jelasnya.

Satyo mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu akan layu jika terjadi perubahan cepat dan mendasar dalam internal Partai Golkar.

"Koalisi ini akan menjadi pemantik lahirnya pusaran poros lainnya jika ada pertimbangan kepentingan jangka pendek," kata Satyo.

Satyo menduga akan lahir 3 pusaran koalisi yakni poros Partai Golkar, PDIP, dan Partai NasDem.

Oleh karena itu, Satyo berharap Koalisi Indonesia Bersatu tetap berkomitmen dan berpegang teguh untuk melaksanakan Pemilu 2024.

Pasalnya, menurut dia, menunda pemilu sama dengan menambah masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan berpotensi mencederai konstitusi. (*)

Tonton Video viral berikut:

Topik Menarik